Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mendapat tambahan satu unit dapur umum untuk mendukung penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Keterangan tertulis Dinas Kominfo SP Kabupaten Banjar di Martapura, Jumat, bantuan dapur umum dari BNPB itu diserahkan anggota DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha kepada Pemkab Banjar, Kamis.

Baca juga: Dapur umum TNI salurkan makanan 2.208 korban banjir HST
 
"Alhamdulillah, kami mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur menerima satu unit dapur umum bantuan dari BNPB diserahkan anggota DPR RI," ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Ikhwansyah.
 
Selain dapur umum, bantuan lain yakni satu unit mobil ambulance bantuan dari program kemaslahatan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk Desa Pasayangan Utara Kecamatan Martapura.
 
Menurut Ikhwansyah, bantuan yang diterima dari pemerintah pusat itu sangat membantu penanganan bencana di lapangan karena dapat dioperasikan melayani kebutuhan warga korban bencana.
 
"Bantuan mobil dapur umum dari BNPB itu mampu memasak kurang lebih seribu bungkus nasi setiap beberapa jam sehingga membantu penyediaan konsumsi saat bencana," ucap Syaifullah menambahkan.
 
Pambakal (kepala desa) Desa Pasayangan Utara Muhammad Zayadi mewakili masyarakat desa mengucapkan terimakasih bantuan satu unit mobil ambulance yang sangat dibutuhkan masyarakat.
 
"Selain untuk keperluan warga desa, mobil ambulance tersebut juga bisa dimanfaatkan santri dan santriwati yang mondok sehingga mereka terbantu saat dalam kondisi darurat di lapangan," ucapnya.
 
Selain bantuan dapur umum dan mobil, bantuan lain juga diserahkan di antaranya dana renovasi musala Rp5 juta, bantuan rumah sejahtera terpadu untuk warga miskin Rp20 juta rupiah dari Kementerian Sosial.
 
Baca juga: Dinsos Banjarmasin siapkan alat dan SDM untuk dapur umum banjir
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024