Kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel) memperkuat ketahanan pangan daerah lewat gerakan menanam sayuran dan buah di pekarangan rumah.

“Penguatan ketahanan pangan ini kami laksanakan lewat program AKU HATINYA PKK, ini adalah program unggulan tiga besar PKK se-Indonesia,” kata Ketua TP PKK Kabupaten HST Cheri Bayuni Budjang di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Bupati HST minta kader PKK utamakan kesejahteraan rumah tangga

Dia menyebutkan gerakan "AKU HATINYA PKK" juga dijadikan perlombaan antarkader sebagai rangkaian kegiatan dari Hari Kesatuan Gerakan PKK yang jatuh pada Maret mendatang.

“Gerakan ini akan mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing dengan menanam tanaman produktif yang bernilai ekonomis,” ujarnya.

Selain bernilai ekonomis, kata dia, pekarangan rumah juga akan terlihat indah dan sejuk jika ditanami tumbuhan hijau sehingga suasana tempat tinggal lebih nyaman.

Cheri menjelaskan program unggulan tiga besar nasional itu, sebagai bagian dari penerapan 10 program pokok PKK kesejahteraan dalam rangka tercapai dan terwujudnya gerakan nasional keluarga pelopor perubahan.

Baca juga: PKK HST tingkatkan pemahaman orang tua soal pengasuhan

Dia berharap dengan jalannya program AKU HATINYA PKK, ketahanan pangan keluarga semakin kuat di masa yang akan datang khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Menurut Ceri, program tersebut mampu mendukung kemandirian pangan rumah tangga, memperbaiki gizi, dan tentunya menjadi sumber penghasilan rumah tangga.

Oleh karena itu, Ketua TP PKK meminta para kader PKK semakin berkreativitas dan memiliki inovasi setelah mengikuti kegiatan lomba gerakan AKU HATINYA PKK dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan yang asri, bersih, dan tertata dengan baik.

“Saya berharap kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk mengelola pekarangan rumah dengan gerakan menanam tanaman yang produktif,” ujarnya lagi.

Baca juga: PKK HST wakili Kalsel pada ajang lomba masak tingkat nasional

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024