Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Haul ke-19 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul pada H-1 di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

"Alhamdulillah situasi terpantau aman terkendali dan para jamaah sudah mulai berdatangan memadati kawasan Sekumpul," kata Ifan di Martapura, Sabtu.

Baca juga: 4.000 personel Polres Banjar amankan Haul Guru Sekumpul

Untuk arus lalu lintas kendaraan, Ifan mengungkapkan masih ramai lancar pada Sabtu siang hingga menjelang malam.

Begitu juga kantong parkir kendaraan mulai terisi terutama jamaah yang berasal dari luar kota Martapura Kabupaten Banjar, dan Kalsel dengan jarak tempuh cukup jauh.

"Kalau jamaah dengan perjalanan cukup jauh biasanya memang berangkat hari ini dan tiba di Martapura Sabtu sore ataupun malam hari ini," ucap Ifan.

Tak hanya di jalur darat, Kapolres Banjar juga memantau jamaah yang menuju Sekumpul menggunakan moda transportasi sungai, seperti perahu dan kapal kecil.

Baca juga: Polres Banjar siapkan rekayasa lalu lintas saat Haul Guru Sekumpul

Relawan Haul Guru Sekumpul telah menyiapkan sejumlah dermaga untuk menyambut jamaah yang datang melalui jalur sungai.

"Dapur umum, pos kesehatan dan tenda-tenda relawan melayani jamaah juga telah siap semuanya," ungkap Ifan.

Untuk pengamanan haul ulama kharismatik asal Kalsel dihadiri jutaan jamaah setiap tahun itu, Polres Banjar yang dibantu Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 1.400 personel.

Kemudian, 20 ribu relawan dam instansi terkait turut mendukung kelancaran pengaturan jamaah saat puncak haul yang dilaksanakan pada Minggu (14/1) malam setelah Shalat Maghrib.

Baca juga: Kapolres Banjar : Wilayah Sekumpul terjaga kondusif jelang Haul

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024