Polres Banjar mengerahkan sebanyak 4.000 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk mengamankan Haul Akbar ke-19 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada Minggu malam.

"Seluruh petugas yang terlibat sudah dibagi penempatannya di beberapa titik mulai pengaturan lalu lintas, keamanan lokasi parkir hingga menyebar di kawasan Sekumpul yang menjadi pusat kegiatan di Musholla Ar Raudhah," kata Wakapolres Banjar Kompol Dr Mohammad Fihim di Martapura, Minggu.

Baca juga: Polres Banjar siapkan rekayasa lalu lintas saat Haul Guru Sekumpul

Untuk kelancaran pelaksanaan haul, Polres Banjar juga bersinergi dengan para relawan yang bahu membahu membantu menjaga keamanan dan ketertiban seluruh jamaah.

Fihim mengimbau jamaah dapat mematuhi arahan petugas dan relawan di lapangan demi keamanan dan kenyamanan bersama selama mengikuti haul hingga kembali ke tempat asal.

Berdasarkan pantauan, jamaah sudah memadati kawasan Sekumpul mulai pintu gerbang di depan Jalan Ahmad Yani.

Meski acara haul baru dimulai setelah Shalat Magrib pada Minggu malam, namun jamaah sudah berbondong-bondong merangsek masuk untuk mendekati Musholla Ar Raudhah yang menjadi lokasi Kubah Guru Sekumpul dimakamkan.

Baca juga: Kapolres Banjar : Wilayah Sekumpul terjaga kondusif jelang Haul

Petugas mengimbau jamaah yang sudah masuk ke dalam gerbang untuk tidak keluar masuk lagi khususnya untuk jamaah laki-laki.

Sementara untuk jamaah perempuan disediakan tempat di Gang Nusantara yang dikhususkan bagi kaum hawa.

Haul Guru Sekumpul tahun ini kembali dibuka untuk umum setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi COVID-19.

Pada Haul ke-15 tahun 2020 lalu, lebih dari dua juta jamaah memadati kawasan Sekumpul di Kota Martapura yang meluber hingga ke Jalan Ahmad Yani bahkan lautan manusia sampai ke Bundaran Besar Kota Banjarbaru di Jalan Ahmad Yani Km 36 oleh jamaah yang datang dari arah Banjarmasin.

Baca juga: Kapolres Banjar: Parkir dan jalur sungai jadi perhatian di Haul Guru Sekumpul  

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023