Sejumlah tokoh masyarakat Kotabaru dan sekitarnya berharap, dengan beroperasinya moda transportasi darat, yakni Bus Damri dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di dua pulau di Kotabaru.

"Dengan beroperasinya Bus Damri, arus barang dan jasa dari Pulau Laut dan dari Daratan Pulau Kalimantan akan semakin lancar, karena selama ini belum tersedia angkutan umum yang khusus melayani daerah Batulicin, Serongga dan sekitarnya," kata salah seorang tokoh masyarakat di Serongga, Abu Bakar, belum lama ini.

Dia menjelaskan, selama ini masyarakat yang ada urusan ke Serongga dan sekitarnya tidak bisa menggunakan transpotasi umum, melainkan kendaraan pribadi atau calter, sehingga biaayanya relatif mahal.

Sedangkan untuk sebuah urusan yang kecil dan cukup dijalani satu hari, warga harus mengeluarkan dana cukup besar.

Tetapi dengan beroperasinya Bus Damri tersebut, beban warga yang berurusan akan lebih murah, terutama bagi pedagang yang membawa barang daganganya yang tidak banyak tidak perlu mencalter mobil pickup, tetapi cukup naik bus.

Sebelumnya, Sekretaris Dishub Kotabaru Nurul Fitriah menjelaskan, launching Bus ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam kebutuhan layanan transportasi dengan tarif yang terjangkau. 

"Kita mengharapkan dukungan dan kerjasama  semua pihak,  semoga tujuan ketersediaan alat transportasi yang aman dan nyaman serta cukup terjangkau ini, dengan rute Kotabaru- Serongga tarif Rp. 40.000,- di terminal Kota samping mesjid Raya Husnul Khotimah jam 07.00 dan  15.00 wita, sedangkan Kotabaru- Batulicin Rp. 60.000,- di terminal Kersik Putih jam 07.00 dan 15.00 wita, selain itu juga  PP ( pulang-pergi ) rute Kotabaru- Serongga- Batulicin serta fasilitas  Bus full AC dengan kurang lebih kapasitas tempat duduk 29 penumpang ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi untuk masyarakat, " Jelasnya.
 
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan pelanggan Cabang Kotabaru di nomor WhatsApp Yuni 0821-5391-2107 dan Syifa 0857-5080-1659.

General Manajer Damri Cabang Banjarmasin Dedi Nata menambahkan, akan menambah rute perjalanan untuk daerah di kecamatan pada tahun 2025.

"Mudah-mudahan pelayanan ini bermanfaat bagi masyarakat, dan InsyaAllah akan ada penambahan rute untuk ke kecamatan di tahun berikutnya," Tambahnya. 

Tika salah satu penumpang Bus Damri mengungkapkan, Bus yang mulai beroperasi di Kabupaten Kotabaru ini telah mendapat respon positif bagi kami masyarakat, dimana Bus tersebut dapat membantu kami yang ingin berpergian antar kota dengan harga terjangkau.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan Konektivitas Antar Wilayah di Kabupaten Kotabaru Dinas Perhubungan Kotabaru melaunching dua mode transportasi Bus Damri dengan rute Kotabaru- Serongga- Batulicin dengan tarif yang cukup terjangkau.

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan penting masyarakat dalam berkendara untuk mobilitasnya. Dan Launching Bus Damri ditandai dengan keberangkatan penumpang pertama menuju Kotabaru- Serongga- Batulicin pada Senin pagi ( 08/01).

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q/kominfo

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024