Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahannya diantaranya tiga poin penting dalam mengawali tahun anggaran 2024.
 
Menurut Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Senin, semua ASN harus disiplin dan berintegritas dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara, di mana tahun 2024 ini harus lebih optimal dari tahun sebelumnya, yakni, menggunakan anggaran.
 
Poin yang pertama, ujar Paman Birin, sapaan akrabnya, terkait pemanfaatan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) secara optimal untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.
 
Kemudian untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, serta untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi.
 
"Ini harus dilaksanakan dengan menyusun kinerja tahun 2024 secara jelas, terukur, relevan dan memiliki target waktu," ujar Sahbirin Noor.
 
Kemudian amanat poin kedua yang disampaikan dia, dengan sumber daya yang dimiliki, Pemprov Kalsel juga perlu terus memperkuat daerah agar semakin tangguh dalam menghadapi segala potensi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. 
 
Menurut dia, kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai potensi bencana perlu terus ditingkatkan, khususnya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.
 
"Karena saat ini cuaca ekstrim, khususnya hujan lebat, maka kesiapsiagaan terhadap bencana banjir dan tanah longsor harus dilakukan maksimal, harus disiapkan respon cepat bantuan dan sebagainya," kata Sahbirin Noor.
 
Kemudian poin yang ketiga, ditekankannya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, semua ASN diimbau untuk tetap menjaga netralitas serta tetap bijak dalam bermedia sosial.
 
Dia pun juga menyampaikan ini pada apel gabung ASN Pemprov Kalsel untuk terus bekerja keras menghadapi berbagai tantangan di tahun 2024.
 
Dia pun menegaskan komitmen untuk memastikan terpenuhinya seluruh urusan wajib dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sesuai dengan visi "Kalsel Maju".
 
“Marilah kita tetap menjaga sinergi dan kerjasama dalam menjalankan program kegiatan sepanjang tahun 2024, sehingga kita dapat terus mempertahankan tren positif pertumbuhan ekonomi, menjaga inflasi agar tetap terkendali, meningkatkan kualitas SDM Kalsel, serta memastikan terpenuhinya seluruh urusan wajib yang melekat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sesuai visi Kalsel Maju (Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan)," demikian kata Sahbirin Noor.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024