Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Tim Gabungan Unit Resmob Polda Kalsel, Unit Resmob Polda Kaltim dan Unit Jatanras Polres Hulu Sungai Utara berhasil meringkus pelaku pembunuhan seorang ibu rumah tangga yang terjadi di Desa Beringin.


Kasi Humas Polres Hulu Sungai Utara Ipda Pol Alam di Amuntai, Rabu, mengatakan pelaku diringkus berkat hasil penyelidikan oleh tim gabungan di lapangan.

Pelaku diringkus pada Bulan Agustus 2016 sekitar pukul 17.00 Wita dan kejadian pembunuhan yang dilakukan pelaku pada April 2016 Sekitar pukul 13.00 Wita di Desa Baringin RT03 No17 Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Korban ibu rumah tangga yang mengalami tindak pinda pencurian dan kekerasan serta meninggal dunia itu diketahui bernama Galuh Kartina (46).

Terus dikatakan, untuk pelaku diketahui bernama Junaidi alias Unai (40) warga Desa Bumbuan RT02 Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

Pelaku Unai ditangkap tim gabungan saat berada di wilayah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, di mana pelaku melarikan diri hingga ke provinsi tentangga.

Alam sapaan akrab Kasi Humas terus mengatakan, dalam kejadian itu pelaku diduga telah mencuri tiga cincin emas, dua gelang emas, satu kalung emas dan sepasang anting emas yang saat itu dipakai oleh korban.

"Atas kejadian itu korban meninggal dunia dan mengalami kerugian material lebih kurang Rp30.000.000," tuturnya.

Kasi Humas terus mengatakan, saat ini pelaku sudah diringkus di tempat pelariannya dan berhasil mengamankan barang bukti satu lembar handuk kecil berwarna orange dan satu mata kalung dari emas yang diduga milik korban.

"Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diserahkan ke Polres Hulu Sungai Utara untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Hasil penyidikan sementara Junaidi alias Unia sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal 365 ayat 3 KUHP Tentang Penganiayaan yang menyebabkan matinya seseorang diancam hukuman seumur hidup maksimal hukuman mati, demikian Alam. ***2***

Riza Fahriza

(T.G007/B/R021/R021) 28-09-2016 16:02:45

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016