Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengimbau warga untuk menggalakkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna menghadapi ancaman virus Corona atau COVID-19 yang kembali merebak.
 
Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan bahwa COVID-19 kembali ditemukan di kotanya atau ada beberapa warganya yang positif terpapar namun sudah ditangani dengan baik.

Baca juga: Penularan Omicron mulai terjadi di Banjarmasin, Kalsel
 
Dia pun menyampaikan, agar warganya tetap beraktivitas seperti biasa, tidak terlalu khawatir berlebihan terkait kembali merebaknya COVID-19 saat ini, namun hendaknya menerapkan lagi protokol kesehatan.
 
"Memang secara global (COVID-19) ada peningkatan, tertinggi itu dari Singapura, Insya Allah di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin tetap seperti biasa saja, ada kasusnya tapi masih kecil," ujarnya.
 
Meski demikian, kata dia, tidak harus dikesampingkan masalah ini, namun dihadapi sebagai yang sudah dilakukan pada saat pandemi COVID-19 lalu.
 
"Kalau lagi flu yang pakai masker, protokol kesehatan dijalankan, istirahat, kalau sudah pulih beraktivitas kembali, kebiasaan baik kita waktu pandemi seperti cuci tangan dan lainnya dilakukan lagi," ujarnya.

Baca juga: Bank Kalsel menyerahkan 2 ribu paket sembako dukung vaksinasi lansia
 
Dia pun yakin, dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) permasalahan kesehatan ini bisa dihadapi dengan baik dan efektif.
 
"Kalau kita sering cuci tangan, tidak buang sampah sembarang, sanitasi atau tidak buang air besar sembarangan, kebiasaan-kebiasaan baik PHBS ini membuat imun tubuh kita kuat, penyakit tidak mudah datang," katanya.
 
Dari data Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, kasus positif COVID-19 sudah sebanyak 11 orang sejak akhir Desember 2023 hingga masuk awal Januari 2024 ini, belum ada korban jiwa.
 
Disebutkan, gejala yang dialami pasien COVID-19 saat ini berbeda dengan pandemi COVID-19 lalu, saat ini lebih lemah namun gejalanya masih ada seperti batuk, sesak napas, demam dan lainnya.

Baca juga: Polresta Banjarmasin prioritaskan vaksinasi COVID untuk lansia

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024