Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan memprioritaskan vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) yang capaiannya masih rendah di kota itu.

"Target dari pemerintah kota ada 57.720 lansia, namun saat ini capaiannya hanya sekitar 30 persen makanya perlu kerja lebih keras kita mengejarnya hingga akhir tahun," terang Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Irwan Kurniadi di Banjarmasin, Sabtu.

Untuk itulah, ungkap dia, lansia menjadi prioritas setiap kali gelaran vaksinasi. Mereka yang ingin divaksin tinggal datang untuk langsung disuntik vaksin tanpa harus antre dan sebagainya.

Irwan mengharapkan pula pihak keluarga dapat berinisiatif membawa lansia baik orang tua ataupun kakek dan nenek agar bisa mengikuti vaksinasi.

Karena diakui dia, kendala lansia untuk divaksin kerap tidak ada yang membawanya ke sentra vaksinasi. Sementara sistem jemput bola juga terbatas tim vaksinator hingga dirasa kurang maksimal jika satu wilayah pemukiman hanya ada beberapa orang lansia.

"Jadi kami mohon kesediaan pihak keluarga lebih peduli terhadap orang tua di rumah, lindungi mereka dengan vaksin agar tidak mudah terpapar COVID-19 dengan gejala berat," jelas Irwan.
Gebyar vaksinasi massal di kawasan wisata siring Menara Pandang berhasil menyuntik 371 orang. (ANTARA/Firman)


Sementara dalam gelaran gebyar vaksinasi massal di kawasan wisata siring Menara Pandang hari ini, Polresta Banjarmasin berhasil memberikan vaksin terhadap 371 orang, 13 di antaranya lansia dan 45 pelajar.

Irwan mewakili Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan memimpin pengamanan pelaksanaan vaksinasi yang menyediakan 500 dosis vaksin jenis Sinovac tersebut.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021