Tim Listrik SMK Negeri 1 Paringin Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan meraih juara II pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Biological Science Day XIV di Universitas Jember, Jawa Timur.

Pembimbing Tim Listrik (Electriciteam) SMK Negeri 1 Paringin Suhada bersyukur siswa didiknya bisa bersaing dengan sekolah di Pulau Jawa.

Baca juga: Karya siswa SMK Negeri 1 Paringin juara kedua LKTN

"Walaupun hanya juara II kami sangat bersyukur dapat bersaing dengan karya-karya terbaik dari sekolah lain seperti SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, SMA Antartika Sidoarjo, MA Unggulan Amanatul Ummah, Pesantren Teknologi Majapahit," ungkap Suhada di Paringin, Senin 

Di LKTIN 2023, Tim Listrik binaan Suhada dan Izzudin Syarif ini menampilkan karya ilmiah berupa inovasi alat pembersih tandon berbasis mikrokontroler generasi kedua (1.2) dengan prinsip kerja dapat mendeteksi kekeruhan air.

Selain itu, alat ini juga dapat menguras air dan mengisi air secara otomatis, memberikan peringatan alarm serta memonitor kondisi air berbasis Internet of Things (IoT) melalui telepon seluler.

Baca juga: Tim Listrik SMKN 1 Paringin terbaik LKTIN

Sebelumnya, tim yang beranggotakan siswa jurusan listrik, yakni M Rizal Syarif (Ketua), M Iqbal dan M Rizky Fauzan mempresentasikan karya secara langsung di Kampus Universitas Jember Jawa Timur pada 5 November 2023. 

Selanjutnya, Tim Listrik SMK Negeri 1 Paringin menjadi salah satu finalis dari 10 finalis yang ditetapkan tim juri LKTIN 2023.

Bagi Suhada, karya Tim Listrik SMK Negeri 1 menjadi inspirasi bagi tim untuk menghasilkan sebuah inovasi yang lebih baik.

Baca juga: Tunjang kegiatan belajar, Sis Sera serahkan peralatan mekanik ke SMKN 1 Paringin

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024