Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan Zakly Asswan menyebutkan peringatan Hari Ibu identik dengan gerakan perempuan hebat di Indonesia.

“Kami sangat memberikan apresiasi atas perjuangan ibu-ibu yang selama ini menghiasi pembangunan terutama di Kabupaten HSU,” kata Zakly di Amuntai, Kabupaten HSU, Sabtu.

Baca juga: Pemkab HSU peringati Hari Ibu

Zakly menuturkan peringatan Hari Ibu identik dengan tonggak gerakan perempuan Indonesia yang berkontribusi aktif memajukan bangsa dan negara.

Menurut Zakly, Hari Ibu merupakan momentum peringatan perjuangan perempuan karena Hari Ibu yang rutin diperingati setiap 22 Desember itu tidak terlepas dari perjuangan para perempuan Indonesia untuk menuntut kesetaraan hak dengan kaum laki-laki.

"Mudah-mudahan peringatan Hari Ibu ini dapat mendorong kita semua untuk mengenang sekaligus menghormati dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia," tutur Zakly.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Hari Ibu HSU Norhananiah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang selama ini memberikan perhatian dan dukungan terhadap kemajuan dan perkembangan organisasi wanita terutama kaum hawa di Kabupaten HSU.

Baca juga: Safrizal ingatkan potensi Hulu Sungai Utara penyangga ibu kota

Norhananiah mengungkapkan tujuan peringatan Hari Ibu ke-95 pada 2023 untuk menghargai dan merayakan peran perempuan dalam masyarakat yang peduli terhadap isu sosial.

Selain itu juga mendorong perempuan untuk lebih aktif terlibat dalam tindakan kemanusiaan dan kepedulian terhadap lingkungan, kesetaraan gender dan penghapusan diskriminasi.

“Peringatan ini juga untuk memotivasi perempuan agar aktif terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan solidaritas, di antara perempuan dan antargenerasi serta inspirasi perempuan untuk berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan negara,” imbuhnya.

Baca juga: Angka kematian ibu hamil berkurang selama pandemi COVID-19
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023