PT Antang Gunung Meratus (AGM) melaksanakan komitmen kepedulian perusahaan dengan respon cepat tanggap terjadinya bencana banjir yang terjadi pada masyarakat di sekitar ring 1 operasional.

CSR Section Head PT AGM Widharto Ali, di Kandangan, mengatakan bencana banjir menggenangi Dusun Jarau, RT03 dan 04, Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Senin (25/12) lalu.

"Banjir akibat dari curah hujan tinggi, dan dikhawatirkan kondisi ini memicu wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) sehingga diperlukan langkah bersama dalam menanggulanginya," ujarnya dalam keterangan, Kamis.

Dijelaskan dia, banjir dengan ketinggian genangan air setinggi betis kaki orang dewasa, dan banjir yang menggenang berdampak kepada 30 keluarga di wilayah tersebut.

Baca juga: PT AGM bantu poktan wujudkan ketahanan pangan di HSS
 
PT Antang Gunung Meratus merespon cepat tanggap bencana banjir dengan penyaluran bantuan sembako, dan
penanggulangan wabah DBD, di Ida Manggala, Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Kamis (28/12/2023). (ANTARA/HO-PT AGM)

Kondisi banjir menghambat aktivitas masyarakat dan dapat menimbulkan potensi penyakit lainnya, seperti halnya wabah DBD yang juga telah terjadi pada dua warga di Desa Ida Manggala, Selasa (26/12).

Bentuk respon cepat tanggap PT AGM dalam penanganan banjir di masyarakat, yaitu dengan adanya distribusi bantuan sembako.

"Kita menyediakan bantuan sebanyak 75 paket kepada masyarakat terdampak, bertujuan meringankan kebutuhan masyarakat di masa tanggap darurat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama tim CSR dan SHE PT AGM juga berkolaborasi dalam penanganan wabah DBD, yang telah menjangkiti dua warga Desa Ida Manggala tersebut.

Pelaksanaan respon cepat tanggap, menjadi komitmen PT AGM sesuai dengan tujuan SDG’s nomor tiga, yakni kesehatan masyarakat.

Hal ini selaras dengan yang dilaksanakan dalam penanggulangan bencana banjir di RT03 dan 04 dengan distribusi sembako, serta melakukan fogging dalam pembasmian nyamuk DBD.

Baca juga: Tim gabungan patroli kawasan konsesi PT AGM cegah peti

PT Antang Gunung Meratus merespon cepat tanggap bencana banjir dengan penyaluran bantuan sembako, dan
penanggulangan wabah DBD, di Ida Manggala, Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Kamis (28/12/2023). (ANTARA/HO-PT AGM)

"Pelaksanaan respon cepat tanggap kita turut melibatkan lintas stakeholder, terdiri dari Koramil Sungai Raya, Polsek Sungai Raya, Tim Kesehatan Desa Ida Manggala dan Pemerintah Desa Ida Manggala," terangnya.

Kepala Desa Ida Manggala Baital Mahmur, atas nama pemerintah desa dan masyarakat Ida Manggal berterima kasih dan apresiasi atas respon cepat tanggap PT AGM.

Menurut dia,  PT AGM telah menerima dan merespon dengan cepat kebutuhan masyarakat, mengenai bencana banjir dan wabah DBD yang berdampak bagi masyarakat.

"Semoga kolaborasi dalam pencegahan dan penanggulangan bencana dengan Pemerintah Desa Ida Manggala ini dapat berjalan dengan baik, serta berkelanjutan,” harapnya.

Baca juga: PT AGM dukung pecahkan rekor Indonesia untuk jalan sehat di Tapin

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023