Polres Balangan, Kalimantan Selatan mengerahkan 44 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melalui Operasi Lilin Intan 2023 yang dilaksanakan selama 12 hari sejak 22 Desember 2023-2 Januari 2024.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin memastikan petugas mengamankan seluruh tempat ibadah umat Nasrani dengan mengawasi secara langsung di lapangan agar aktivitas masyarakat berjalan aman dan tenteram.

Baca juga: Polres Dan Disperindag Sidak Pasar Jelang Natal

“Selain sasaran rumah ibadah, personel juga melakukan pengawasan pada sejumlah titik lokasi wisata dan memberikan imbauan kepada pengunjung untuk menjaga keamanan bersama,” kata Riza di Balangan, Selasa.

Menurut Riza, kesuksesan pengamanan suatu kegiatan tidak lepas dari fungsi pengawasan pimpinan melalui pelaksanaan patroli di lokasi ibadah Natal 2023 sekaligus mengecek keberadaan personel saat pengamanan sesuai standar operasional prosedur.

Riza juga mengimbau warga yang hendak berlibur ke tempat wisata agar memperhatikan keselamatan diri dengan tidak menggunakan perhiasan yang mencolok yang dapat mengundang tindak kejahatan, berhati-hati berkendara serta saling menghormati sesama pengguna jalan raya sehingga tidak menimbulkan potensi kecelakaan.

Kapolres Balangan menyebutkan langkah tersebut sebagai upaya preventif untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan memastikan situasi kondusif di wilayah Balangan.

Baca juga: Sambut Pergantian Tahun Dengan Festival Budaya Sanggam

Sementara itu, Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono memantau langsung personel di lapangan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pengamanan.

“Kami juga terus mengecek kesiapan personel, penempatan pos pengamanan, dan koordinasi dengan pihak terkait,” ujar Dany.

Dany melanjutkan personel gabungan kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyasar area strategis di wilayah Balangan guna mengurangi potensi tindak kriminal selama masa perayaan.

Saat ini, Dany menambahkan Polres Balangan menggelar dua operasi kemanusiaan, yaitu Operasi Lilin Intan 2023 yang menyasar pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan Operasi Mantap Brata yang fokus menjaga kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: Polri-TNI Amankan Natal Dan Tahun Baru

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023