Paringin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resort (Polres) Balangan, Provinsi Kalsel, bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Ketahanan Pangan setempat menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar-pasar di Kota Balangan, Senin (18/12).

Sidak yang langsung dipimpin oleh Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni ini untuk memastikan harga bahan pokok di Kabupaten Balangan tetap stabil menjelang hari raya natal, dan Tahun Baru 2018.

Kegiatan diawali dengan mendatangi Pasar Modern Adaro di Kecamatan Paringin dan Pasar tradisional mingguan di Paringin, ibukota Kabupaten Balangan. 

Rombongan langsung menghampiri satu persatu pedagang yang menjual berbagai macam keperluan hidup masyarakat Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni mengatakan, kebetulan momen pasar mingguan di Pasar Paringin, yaitu setiap hari Senin, ia ingin melihat langsung jalannya perdagangan bahan pokok baik di tingkat pengecer maupun partai.

"Dalam giat Sidak pasar ini, kita  sekaligus menyampaian maklumat Kapolda Kalsel kepada para pedagang tentang Larangan penimbunan dan memperdagangkan bahan pokok tidak sesuai ketentuan," ucapnya.

Zamroni juga menekankan agar jangan sampai ada praktik kartel pangan yang coba-coba memainkan harga bahan pokok, pihaknya bersama instansi terkait akan terus memantau perkembangan harga dipasaran demi stabilitas harga bahan pokok jelang natal dan akhir tahun.

"Barang siapa yang melanggar akan dilakukan tindakan tegas karena merupakan perbuatan pidana dan akan dipersangkakan melakukan pelanggaran pidana pasal 133 UU no 18 tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun atau denda Rp50 miliar," jelas Zamroni.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperindag Balangan Rusdiana menyampaikan hasil dari sidak ini yaitu harga barang kebutuhan pokok yang dijual seperti ayam potong, daging sapi, telur hingga sayur mayur, semuanya masih dalam batas normal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

"Semua harga masih stabil, daging sapi segar  120.000 /kg, telur ayam ras 24,500/kg, daging ayam ras 23.000 / kg, beras lokal 9.000-12.000 / kg, cabe rawit 20.000 / kg, bawang merah 18.000 /kKg, bawang putih 13.000 / kg," terangnya. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017