Bupati Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan Zairullah Azhar membuka ekspose program desa perikanan cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) Kampung Patin.

"SFV Kampung Patin berlokasi di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu," kata Zairullah, di Batulicin, Kamis.

Baca juga: Tanah Bumbu ekspose program inovasi kampung patin

Selain membuka ekspose program desa SFV tersebut, Zairullah juga melakukan panen ikan patin dari program desa perikanan cerdas kampung patin tersebut.

Bupati menyampaikan, dirinya menyambut baik dan penuh rasa syukur, atas di laksanakannya ekspos program SFV Kampung Patin.

"Semoga dengan momentum penting ini, kita semua terus berupaya untuk bekerja dan berdoa dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan daerah kita," ucap Bupati.

Menurutnya, program ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan desa perikanan, melalui program SFV.

Oleh karena itu, dalam semangat perubahan yang tak kenal lelah, di perlukan suatu komitmen bersama sebagai upaya sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Serta pengembangan SDM dan perikanan, guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah

Program SFV merupakan konsep pembangunan dari hulu ke hilir yang berbasis penerapan teknologi dan manajemen tepat guna serta peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Berlokasikan di Desa Sungai Dua, Kabupaten Tanah Bumbu, Kampung Patin ini seluas 154,57 ha, Luas Kolam Existing 17,3 ha.

Adapun penetapan Desa Perikanan Cerdas di Tanbu ini, berdasarkan keputusan Kepala BRSDMKP Nomor 156 Tahun 2023 tentang Penetapan Lokasi Desa Perikanan Cerdas / Smart Fishery Village BRSDM Tahun 2023.

SFV mengusung prinsip Keberlanjutan, Modernisasi, Akselerasi, Regenerasi, dan Teknologi di setiap lokasi desa perikanan unggulan.

Dalam Kegiatan tersebut Bupati juga mengukuhkan Hj Wahyu Windarti sebagai Bunda Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Tanbu.

Ekspose Program Desa SFVHadir pada kegiatan tersebut, Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRPPBKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, dan sejumlah pejabat Pemkab Tanbu.

Pewarta: Diskominfo Tanbu

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023