Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  Hermansyah dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan (Kalsel) Zusnan Asraf Wahab melakukan penandatangan serah terima Barang Milik Negara (BMN).

Penandatangan serah terima BMN Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini berupa tanah untuk jalan nasional dan jalan nasional arteri, diiserahkan oleh BPJN Kalsel kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

"Tanah yang kita serahkan untuk jalan nasional dan jalan nasional arteri pada Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Kalsel, yakni Jalan Bundaran Hamalau dan Jalan Jendral Sudirman," kata Kepala BPJN Kalsel Zusnan Asraf Wahab, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Pj Bupati HSS monev pembangunan SPAM dan jalan tembus Malinau-Kamawakan

Dijelaskan Zusnan, penandatangan serah terima ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR 290/KPTS/M/2015, tentang penetapan ruas jalan menurut statusnya sebagai jalan nasional.

Terdapat ruas jalan arteri di Kabupaten HSS yang berubah statusnya menjadi Jalan Nasional Arteri dengan nilai total sebesar Rp10.857.386.000,-.

Ruas Jalan Jendral Sudirman dengan biaya Rp5.042.000.000,-, kemudian ruas Jembatan Manggaris Batas HSS dengan batas Kota Kandangan, penyerahan tanah beserta penanganan jalan dengan nilai perolehan Rp5,8 miliar.

Pj Bupati HSS Hermansyah, menyambut baik dan mengapresiasi pada kegiatan pelaksanaan penandatangan hibah dengan Balai Besar Jalan untuk Provinsi Kalsel, telah memberikan Hibah untuk ruas di Jalan Bundaran Hamalau dan Jalan Jendral Sudirman.

"Ini akan lebih memudahkan lagi akses jalan yang akan di kelola Pemkab HSS, karena jalan ini sangat vital untuk perekonomian dan nanti juga akan ada pembangunan perkantoran," ucapnya.

Baca juga: Pemkab HSS Kalsel terapkan e-katalog bidang konstruksi

Ia berharap semakin banyak jalan yang di serahkan semakin mempermudah dalam melalukan pemeliharaan jalan, dan juga berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Balai Besar Jalan Provinsi Kalsel.

Selain itu, ia mengungkapkan ada beberapa usulan lagi yang akan disampaikan kepada Kepala BPJN, agar di program di 2024 penanganan jalan nasional yang akan di bantu oleh BPJN dapat terealisasi.

"Sehingga sejalan dengan target kita, termasuk dalam upaya memajukan sektor pariwisata sehingga ruas jalannya makin nyaman, aman dan lancar," tutupnya.

Turut berhadir dalam penandatangan serah terima Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) HSS Teddy Soetedjo, serta Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023