Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (PUTR HSS) Kalimantan Selatan menerapkan katalog elektronik (e-katalog) pada bidang konstruksi atau “e-purchasing”.

"Ini adalah langkah inovatif serta bukti komitmen terhadap transparansi dan keadilan," kata Penjabat Bupati HSS Hermansyah saat dikonfirmasi di Kandangan, Kabupaten HSS, Jumat.

Baca juga: Wabup HSS monev pembangunan infrastruktur di Loksado dan Padang Batung

Dijelaskan Hermansyah, e-purchasing dapat meningkatkan proses pengadaan produk barang atau jasa dengan mengimplementasikan teknologi elektronik.

Hermansyah berharap penerapan e-katalog sektor konstruksi membawa efisiensi dan transparansi pada pengadaan produk barang atau jasa bidang konstruksi.

Hermansyah menyatakan sosialisasi penerapan e-purchasing agar seluruh peserta memahami mekanisme e-katalog bidang konstruksi sehingga dapat mengaplikasikan secara efektif.
"Penggunaan e-purchasing bukan hanya soal teknologi, tetapi juga sebuah komitmen terhadap transparansi dan keadilan, sehingga setiap penyedia barang dan jasa memiliki peluang yang sama untuk berpartisipasi," ungkapnya.

Baca juga: Bupati HSS: Islamic Center jadi pusat syiar Islam

Dikatakan Hermansyah, penggunaan e-Purchasing dalam proses pengadaan produk barang atau jasa bidang konstruksi lebih mudah diakses semua pihak yang terlibat, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini juga adalah sebuah langkah maju yang kita laksanakan untuk juga dapat memajukan pengusaha lokal kita, sehingga mereka bisa ikut berpartisipasi dalam rangka mengelola kegiatan pembangunan di Kabupaten HSS," tutur Hermansyah.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten HSS Teddy Sutedjo menjelaskan sosialisasi e-purchasing agar para kontraktor atau pengusaha lokal mengerti dan bisa membuka toko di etalase e-Katalog Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ditambahkan dia, pendaftaran e-Katalog bidang konstruksi pada portal Provinsi Kalsel ini sepenuhnya gratis, dan yang terpenting perusahaan sudah terdaftar di LPSE, serta mendapatkan pendampingan dari Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Kalsel saat pendaftaran.

Baca juga: Bupati HSS resmikan rehab Asrama Amuk Hantarukung Yogyakarta

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023