Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Takisung berhasil meraih juara pertama pada Lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tingkat Kabupaten Tanah Laut , Kalimantan Selatan Tahun 2023. 

“Juara pertama ini bakal kita siapkan menjadi perwakilan Tanah Laut mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Tahun 2024 nanti,” ucap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tanah Laut Muhammad Syahid, di Pelaihari, Senin.

Baca juga: Wali Kota minta Paskibraka jadi panutan dan teladan generasi muda

Menurut dia, adanya kompetisi paskibra tersebut menjadi wujud komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut dalam upaya melahirkan generasi paskibra berkualitas dan lebih baik lagi.

“Kita siapkan tunas-tunas bangsa, duta-duta paskibra handal dan berkualitas dalam memupuk rasa kebangsaan, cinta tanah air dan patriotisme tinggi terhadap NKRI,” lanjutnya.

Selain itu, sebut dia, para siswa dari peserta lomba juga memiliki kesempatan lainnya dalam persiapan seleksi menjadi petugas paskibra saat peringatan HUT-RI pada Tahun 2024 nanti. 

Kendati demikian, sambung di, hal itu tidak menutup kesempatan bagi siswa lain yang sekolahnya tidak menjadi peserta pada perlombaan untuk mengikuti persiapan seleksi petugas paskibra tersebut. 

Lebih lanjut dia mengemukakan, SMAN 1 Takisung berhasil mengungguli enam sekolah pesaing lainnya pada perlombaan dihelat November 2023 lalu dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-58 Tanah Laut sekaligus Hari Bela Negara (HBN) ke-75 tahun 2023. 

Adapun para pemenang lomba paskibra Tahun 2023 adalah,  SMAN 1 Takisung sebagai juara pertama, SMAN 1 Pelaihari sebagai juara kedua, SMAN 1 Jorong sebagai juara ketiga

Selanjutnya,  SMAN 1 Bati-Bati sebagai juara harapan pertama, MAN Insan Cendekia Tanah Laut sebagai juara harapan kedua dan SMAN 1 Batu Ampar sebagai juara harapan ketiga.

Baca juga: Sekda Kotabaru kukuhkan Paskibraka dan Duta Pancasila 2023

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023