Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tapin Masrupah Syarifuddin menerima penghargaan kategori utama Peningkatan Kualitas Keluarga 2023 terbaik se-Kalimantan Selatan.

"Keberhasilan ini tentunya berkat kerja sama yang baik antara PKK kabupaten, kecamatan hingga desa dan SKPD yang terlibat dalam program yang dijalankan," ujarnya di Rantau, Jumat.

Baca juga: PT PAS tes urine karyawannya cegah penyalahgunaan narkoba

Masrupah mengungkapkan penghargaan tersebut didapatkan oleh pengurus di Desa Gunung Batu, Kecamatan Binuang atas upaya peningkatan keluarga.

"Berdasarkan hasil presentasi, Kabupaten Tapin menunjukkan daerah kategori responsif gender dan hak anak dengan nilai Indeks Kualitas Keluarga (IKK) 81,49 persen," ungkap Masrupah.

Disebutkan dia, dengan angka tersebut menandakan kerja keras Tim Peningkatan Kualitas Keluarga (TPK2D) Kabupaten Tapin membuahkan hasil yang dapat dirasakan langsung masyarakat.

Baca juga: Pemkab Tapin subsidi Rp55 ribu per paket sembako pasar murah

Ia melanjutkan, tolak ukur keberhasilan pembangunan peningkatan kualitas keluarga setidaknya ada 29 indikator yang dibagi lima dimensi.

"Di antaranya kualitas legalitas hingga struktur, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan psikologi, serta kualitas ketahanan sosial budaya," ujarnya.

Diungkapkan Masrupah, pihaknya bersyukur dan bangga dengan raihan ini, hal tersebut sebagai bukti pembinaan peningkatan kualitas keluarga yang berlangsung di Desa Gunung Batu, Kecamatan Binuang berhasil.

Baca juga: Retribusi pasar di Tapin Kalsel tembus Rp1,1 miliar

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023