Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan  Sugian Noor mengatakan ada subsidi Rp55 ribu untuk setiap paket sembako di pasar murah yang ditujukan menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

"Setiap paket ini diantaranya ada 2 kg gula, 2 liter minyak goreng hingga 5 kg beras," ujarnya di Rantau, Kamis.

Sugian mengatakan kalau harga normal di pasaran untuk setiap paket sembako itu yakni Rp149 ribu, sedangkan di pasar murah Rp94 ribu.

"Iya ada Rp55 ribu subsidi dari pemerintah daerah," ungkapnya.

Sugian Noor mengatakan total paket sembako yang dibeli dari distributor di Kabupaten Tapin itu sebanyak 3.800 buah dibagikan sesuai kebutuhan pada setiap titik kecamatan.

Artinya, jika dikalkulasikan jumlah bantuan subsidi yang digelontorkan pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin senilai Rp209 juta.

Diungkapkan Sugian, pasar murah yang sedang berlangsung ini diselenggarakan pada enam titik yakni di Kecamatan Tapin Utara, Kecamatan Lokpaikat, Kecamatan Candi Laras Utara, Kecamatan Candi Laras Selatan dan Kecamatan Binuang.

"Tanggal 20 terakhir dilaksanakan pasar murah lokasi di Kecamatan Binuang," ujarnya.

Sugian mengatakan dilaksanakan pasar murah ini juga bertujuan untuk menekan inflasi, menjaga stabilitas harga bahan pokok sekaligus membantu masyarakat di Kabupaten Tapin.

Baca juga: Disdag Tapin jual gula dan migor Rp15 ribu di pasar murah
Baca juga: Harga ayam di Tapin Kalsel naik Rp5.000 jelang Nataru 2024
Baca juga: Pj Bupati Tapin pastikan bahan pokok aman jelang Natal
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023