Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Said Idrus Al Habsy menorehkan sederet prestasi berupa penghargaan pada berbagai sektor kesehatan, pendidikan, pelayanan publik hingga bidang lingkungan hidup sepanjang 2023.
 
Sebagai kilas balik, deretan prestasi membanggakan diraih pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang mengusung visi dan misi menjadikan "Kabupaten Banjar Maju, Mandiri dan Agamis (Manis) demi mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat" itu.

Baca juga: Pemkab Banjar raih penghargaan Maturitas Pelayanan Perkotaan
 
Pemkab Banjar menorehkan penghargaan pada bidang kesehatan "Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI" yang diserahkan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo pada puncak Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat Provinsi di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (27/7).
 
Penghargaan nasional itu diberikan kepada Bupati Banjar Saidi Mansyur karena melalui berbagai upaya dan terobos yang signifikan sehingga dinilai berhasil melakukan langkah percepatan penurunan stunting dari sebelumnya pada kisaran 40 persen menjadi 26,4 persen.
 
BKKBN RI  juga menyerahkan penghargaan serupa kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tyas di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (4/7).
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur (tengah) didampingi Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas (kanan) menerima Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI yang diserahkan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo pada puncak Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat Kalsel di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/HO-DKISP Kabupaten Banjar)

 


Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk dan melalui sejumlah indikator, Nurgita Tiyas memenuhi syarat sehingga layak menerima penghargaan tersebut.
 
Nurgita Tiyas yang juga Bunda PAUD Kabupaten Banjar itu juga meraih penghargaan Bunda PAUD Nasional 2023 Kategori Wiyata Dharma Utama yang merupakan satu-satunya di Kalsel diserahkan langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada apresiasi Bunda PAUD Nasional Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (8/11).
 
Penghargaan bidang kesehatan lain yang diraih adalah penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI yang diterima Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsy pada Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (31/8).

Baca juga: Sukses terapkan aplikasi Srikandi Pemkab Banjar raih penghargaan ANRI
 
Pemkab Banjar juga meraih peringkat pertama kabupaten/kota dengan pencapaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) tingkat Kalsel dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Piagam Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso kepada Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie pada Hari Kontrasepsi Sedunia 26 September-9 Oktober 2023.
 
Selanjutnya, Pemkab Banjar pada Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, meraih penghargaan nasional, kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang diserahkan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy di Istana Wakil Presiden, Kamis (9/11).
 
Selama 10 kali berturut-turut Pemkab Banjar mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM yang tertuang dalam SK Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly diterbitkan 15 November 2023 karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar bagi warganya.
 
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kedua kanan) menyerahkan penghargaan Adipura kepada Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsy (kanan) terhadap kinerja mengelola sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota pada 2022 di Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023). (ANTARA/HO-DKISP Kabupaten Banjar)
 

Penghargaan bidang pendidikan yang diraih yakni Anugerah Kihajar 2023 sebagai Daerah Jawara Belajar.id kategori Kabupaten/Kota yang diterima dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI diumumkan dalam penganugerahan Kihajar tahun 2023 yang digelar di Jakarta, Jumat (17/11).
 
Prestasi sebagai "Daerah Jawara Belajar" yang dicapai menyusul terpenuhinya kriteria dan dukungan dari Pemda, Aktivasi akun belajar.id yang tinggi, Pertumbuhan akun belajar.id yang baik, adopsi akun belajar.id siswa terutama pada uji kompetensi, melaksanakan praktik baik chromebook, terbacanya pemakaian chromebook pada MUA (monthly used activity), eksplorasi rapor pendidikan, dan Pemanfaatan PMM di daerah yang baik.
 
Penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan juga diterima Pemkab Banjar dari Kementerian Dalam Negeri yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Syafrizal ZA diterima Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Jakarta Selatan, Selasa (28/11).
 
Maturitas Pelayanan Perkotaan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 periode 2023, diberikan kepada kabupaten dan kota yang memenuhi persyaratan, dan Pemkab Banjar dengan penerapan Smart City yang dimulai sejak 2019 diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas.

Baca juga: Pemkab Banjar serahkan penghargaan kepada sekolah penggerak saat Hardiknas
 
Pada 21 Juli 2023, Pemkab Banjar menerima tiga penghargaan YESS Award yang diserahkan Kementerian Pertanian RI, kategori pertama yakni kategori District Implementation Team untuk Kabupaten Banjar, kategori Business Development Services Provider di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Astambul dan kategori Fasilitator Pemuda oleh Muhammad Nur’ied asal Kabupaten Banjar.
 
Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) diterima bulan September 2023 sebagai Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI) pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
 
Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi dan diterima langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dr. H. Tofik Norman Hidayat mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur di Hotel Sunan Surakarta Provinsi Jawa Tengah, Rabu (6/9). 
 
Penghargaan dengan menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) juga diterima Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar M Aidil Basith mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur yang diserahkan langsung Irjen Kominfo Dr Arief Tri Hardiyanto.
 
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar M Aidil Basith mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur menerima penghargaan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) yang diserahkan langsung Irjen Kominfo Dr Arief Tri Hardiyanto di Jakarta, Selasa (17/10/2023) (ANTARA/HO-DKISP Kabupaten Banjar)




Penghargaan peringkat kedua dari Kementerian Kominfo RI itu karena Pemkab Banjar dinilai sebagai pemerintah daerah, yang berhasil menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) yang berfungsi sebagai perangkat integrasi yang terhubung dengan sistem penghubung layanan instansi pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan pertukaran layanan SPBE antar instansi pusat dan/atau pemerintah daerah.
 
Terakhir, penghargaan di bidang lingkungan hidup melalui adipura atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota. Penyerahan Adipura Tahun 2022 kepada sejumlah kabupaten kota dilaksanakan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (28/2).
 
Penghargaan bergengsi di bidang lingkungan itu diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar didampingi Dewan Pertimbangan Adipura dan diterima Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsy kategori Adipura atas kinerja dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota 2022.
 
Baca juga: Pemkab Banjar berikan penghargaan PNS berkinerja baik
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023