Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan berhasil meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) karena dinilai berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.
 
Keberhasilan itu dicapai Pemkab Banjar melalui penerapan aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (Srikandi) pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan setempat.
 
Keterangan tertulis Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar diterima di Martapura, Jumat penghargaan itu diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi.
 
Penerimanya yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar Tofik Norman Hidayat mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur, di Hotel Sunan Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (6/9).
 
Saat menerima penghargaan, Tofik didampingi Kepala Bappedalitbang Banjar Siti Hamidah dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar M Aidil Basith.
 
"Penghargaan yang diterima sebagai bukti pengakuan pemerintah dalam hal ini Arsip Nasional RI terhadap kinerja dari Pemkab Banjar dibawah kepemimpinan Bupati Banjar Saidi Mansyur," ujar Tofik.
 
Menurut Tofik, prestasi itu tidak dapat dicapai sendiri tetapi atas dukungan dan kerja sama Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Banjar serta seluruh kepala SKPD beserta admin Srikandi.
 
Tofik berharap dengan diterapkannya aplikasi Srikandi di seluruh OPD lingkup Pemkab Banjar dapat lebih meningkatkan penyelenggaraan kearsipan dan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Banjar.
 
"Penilaian audit kearsipan tentunya akan meningkatkan nilai, karena pelaksanaan aplikasi Srikandi adalah bagian dari instrumen penilaian standar pemerintahan berbasis elektronik," ungkapnya.
 
Diketahui, Pemkab Banjar berhasil meraih penghargaan karena telah mengarsipkan 22.014 surat masuk dan 33.035 surat keluar sehingga menjadi terbaik kedua nasional setelah Pemkab Ketapang, Kalbar.
 
Pemkab Banjar jadi yang pertama menerapkan aplikasi Srikandi sejak versi.1 sampai versi.2 sehingga menjadi salah satu percontohan bagi daerah lain di Indonesia, khususnya Indonesia Tengah dan Timur.
 
Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi mengapresiasi penghargaan yang diterima pemda karena memberikan dukungan penuh dan pengaruh besar, terhadap penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) khususnya bidang kearsipan.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023