Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menyerahkan penghargaan kepada sekolah penggerak saat peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 di kabupaten setempat.

Penghargaan diserahkan Sekretaris Daerah Banjar Mokhamad Hilman usai upacara di halaman kantor Bupati Banjar di Martapura, Selasa, yang dirangkai peringatan Hari Otonomi Daerah.

Sejumlah sekolah menerima piagam penghargaan yakni TK Assalam Martapura, SDN Tungkaran, SMPN 1 dan SMPN 3 Martapura serta guru penggerak angkatan 6, Abdurrahman dari SDN Paku Alam Sungai Tabuk.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada pelaksana implementasi kurikulum Merdeka berbagi tahun pelajaran 2023/2024 kepada SDN Sungai Lulut 2 Sungai Tabuk.

Sebelumnya, Sekda yang menjadi inspektur upacara pada peringatan Hardiknas membacakan amanat Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim.

"Hari Pendidikan Nasional tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi," ujar Menteri Nadim dalam amanatnya yang dibacakan Hilman.

Dikatakan, selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi, baik dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, guru berlomba-lomba dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar.

"Selain itu, guru-guru dulu yang diikat berbagai peraturan kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka," ungkap Nadim.

Sementara dari segi pendanaan pencairan langsung Dana Bantuan Operasional (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel.

Selain itu, juga diberikan keleluasaan bagi sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga mekanisme dana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif seniman dan pelaku budaya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023