Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (IUD Kalselteng) "Angkasa Bersinar" meraih penghargaan pada ajang Indonesian CSR Awards (ICA) kategori penilaian Gold.

Diketahui, ICA 2023 merupakan penghargaan tahunan pada bidang Corporate Social Responsibility (CSR) diselenggarakan Corporate Forum for Community Development (CFCD) dengan tujuan menilai dampak, keberhasilan dan keberlanjutan program TJSL kepada penerima manfaat.

Baca juga: PLN berikan bantuan literasi hingga pelosok negeri

"Keberhasilan program TJSL Angkasa Bersinar yang sukses meraih penghargaan ICA Awards menjadi tambahan penghargaan di bidang CSR tahun 2023 yang diraih PLN UID Kalselteng," ujar General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Rabu.

Joharifin mengaku bangga karena sejumlah program TJSL PLN UID Kalselteng meraih penghargaan, salah satunya program Angkasa Bersinar dan lima penghargaan sekaligus di Nusantara CSR Awards yang diselenggarakan The La Tofi School of CSR pada Juli 2023.
 
"Kali ini program Angkasa Bersinar Bank Sampah Sekumpul yang berhasil raih penghargaan ICA Awards 202 kategori Gold sehingga menjadi kebanggaan atas prestasi yang diraih," ucap Joharifin.

Baca juga: Dirut PLN paparkan inovasi dan ajak kolaborasi global capai NZE nasional 2060
 
Motor Listrik Sampah (Molis) ramah lingkungan berkeliling mengambil sampah yang telah dipilah warga di rumah dan terlihat anak kecil serta ibunya yang antusias menyetorkan sampah kepada petugas Bank Sampah Sekumpul untuk dijadikan tabungan berupa uang. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
Dikatakan Joharifin, Gold Awards tersebut menjadi pemicu semangat terus hadir di tengah masyarakat melalui program TJSL sehingga bukan hanya memberikan layanan kelistrikan andal, namun juga turut memberikan dukungan terhadap pemberdayaan masyarakat dan pencapaian program-program pembangunan daerah.
 
"Penghargaan yang berhasil diraih merupakan bukti komitmen PLN mendukung program pemerintah dalam implementasi Sustainable Development Goal's (SDGs) dengan program CSR atau TJSL," tutur Joharifin.
 
Joharifin menjelaskan, Angkasa Bersinar mengusung pengelolaan sampah secara profesional berawal dari kepedulian PLN terhadap Bank Sampah Sekumpul dengan memberi bantuan sarana, prasarana dan perlengkapan.
 
Kemudian dilanjutkan penguatan sisi Sumber Daya Manusia (SDM) hingga bisa mandiri dan mampu menjadi pendamping pengelola sampah lain di sekitarnya.

Baca juga: PDKB PLN UID Kalselteng bantu renovasi mushola zaman Jepang
 
"Diawali sebuah kepedulian terhadap pengelolaan sampah yang modern dan terpadu oleh Bank Sampah Sekumpul yang fasilitasi program TSJL, Alhamdulillah sekarang sudah mampu mandiri dan menjadi Bank Sampah percontohan di Kalsel," ungkapnya.
 
Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, penilaian ICA Awards 2023 menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 26000:2013.
 
"SNI ISO 26000:2013 berisi panduan tanggung jawab sosial mendukung terwujudnya SDGs Indonesia dan menjadi acuan dalam praktik yang ideal dalam menjalankan program TJSL secara berkelanjutan dan harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan," kata Thendri.
 
Berdasarkan data penyelenggara, anugerah ICA diikuti beberapa perusahaan BUMN, swasta dan lembaga pegiat CSR di Indonesia serta perseorangan dan tahun 2023 peserta ICA korporat/institusi terdiri dari 32 perusahaan dan 9 peserta perorangan dengan yang lolos penilaian uji makalah dan site visit hanya terdapat 4 perusahaan, salah satunya adalah PLN UID Kalselteng.
 
Baca juga: YBM PLN dan IAIN berikan bantuan 15 guru honorer Palangka Raya
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023