Manajemen PT PLN (Persero) berkomitmen menjalankan Tujuan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) yang salah satunya adalah peningkatan kualitas pendidikan dan tertuang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli. 
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Selasa mengatakan, PLN komitmen turut serta dalam pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah melalui program TJSL.
 
"Program TJSL PLN memiliki latar belakang jelas yakni berdasarkan 17 tujuan SDG’s. Salah satu programnya fokus pada tingkat literasi sesuai tujuan nomor 4 yakni penyediaan pendidikan yang berkualitas," ujar Joharifin dalam keterangan tertulis diwakili Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin Vicky Reandry Faradian.
 
Menurut Vicky, PT PLN (Persero) UID Kalselteng melalui program "Literasi Hingga Pelosok Negeri" memberikan bantuan penyedian sarana dan prasaran Perpustakaan Desa Pejambuan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel.
 
Ditekankan, tagline "PLN Terangi Hingga Pelosok Negeri" tidak berlaku hanya untuk penyediaan listrik saja, tetapi juga berlaku untuk menerangi masyarakat terutama anak-anak melalui penyediaan sarana dan prasarana buku guna meningkatkan literasi mereka.
 
"Semakin banyak masyarakat terutama anak-anak membaca, maka akan semakin terbuka dan terang wawasannya. Banyak baca banyak ilmu, semakin sering membaca semakin maju," ucap Vicky.
Manajemen PLN UID Kalselteng diwakili Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin Vicky Reandry Faradian bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, Tofik Norman Hidayat saat penyerahan bantuan program TJSL PLN Peduli di depan halaman Kantor Bupati Banjar, Senin (27/11/2023). (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
 
Kepala Desa Pejambuan M Taufik menyebutkan, sebelumnya Desa Pejambuan memiliki perpustakaan desa namun memiliki kekurangan seperti luasan bangunan yang sempit serta terbatasnya jumlah buku bacaan. 
 
"Kami punya perpustakaan di ruang kantor desa, tetapi tidak terlalu besar sehingga kurang diminati anak-anak dan warga desa. Tentu saja, kami sangat bersyukur atas bantuan TJSL PLN membangun perpustakaan di depan kantor desa sehingga mudah dilihat," ujarnya.
 
Taufik menuturkan, fasilitas yang diberikan PLN juga cukup lengkap, tak hanya bangunan dan buku penunjang, namun juga sampai ke instalasi listrik hingga pendingin ruangan dipasang sehingga dapat menambah sejuk ruangan.
 
"Tempatnya sudah sangat nyaman, bukunya juga cukup lengkap, dan semoga bantuan ini membuat warga Desa Pejambuan dapat lebih sering lagi membaca buku sehingga bisa mencerdaskan warga khususnya anak-anak," harap Taufik.
 
Salah satu murid Sekolah Negeri 2 Pejambuan Habibi, merasa senang dengan keberadaan perpustakaan desa karena bisa setiap hari datang dan membaca buku mengingat jarak rumahnya bersebelahan dengan perpustakaan desa tersebut.
 
"Senang sekali bisa ke perpustakaan setiap hari karena selain pilihan bukunya banyak, tempatnya juga dingin karena ada AC," ucap murid kelas 5 yang sangat suka membaca buku-buku sejarah para Nabi itu.
 
Pemerintah Kabupaten Banjar mengapresiasi bantuan dari PLN berupa renovasi fisik bangunan perpustakaan dan sarana prasarana lainnya di Desa Pejambuan yang penyerahan bantuan program TJSL PLN Peduli sudah dilakukan secara seremonial di halaman Kantor Bupati Banjar, Senin 27 November 2023.
 
"Kami atas nama Pemkab Banjar berterima kasih kepada PLN atas bantuannya. Program ini selaras program pemerintah terkait literasi masyarakat berbasis inklusi sosial," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Tofik Norman Hidayat.
 
Tofik berpesan agar masyarakat bisa menggunakan bantuan PLN secara semaksimal untuk meningkatkan kecerdasan dan saling menjaga perpustakaan dengan baik sehingga manfaatnya dapat terus menerus dirasakan generasi selanjutnya.
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023