Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang membidangi sosial politik bakal mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong, guna memantau kesiapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Oleh sebab itu, pada kesempatan kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah provinsi setempat, kami memonitor kesiapan dan persiapan Pemilu 2024 pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong," kata Wakil Ketua Komisi I Siti Noortita Ayu Febria Roosani di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Legislator Banjarmasin minta Pemilu 2024 tanpa gesekan

Noortita mengatakan kunjungan ke kantor KPU Tabalong tersebut terkait masa pencoblosan sudah mendekati pelaksanaan pada Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah (pilkada) sekitar akhir 2024.

Ia berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar, serta tingkat partisipasi pemilih meningkat bila dibandingkan 2019.

Data KPU secara nasional menunjukkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sekitar 81 persen. Sementara, Kalsel mencapai 70 persen tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Baca juga: DPRD Kalsel masifkan sosialisasi Undang-Undang Pemilu

Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Rachmah Norlias dan Sekretaris H Suripno Sumas ke Tabalong atau "Bumi Saraba Kawa" Tabalong pada 7-9 Desember 2023.

"Insya Allah kunjungan ke Bumi Saraba Kawa Tabalong itu untuk menghadiri peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-58 Kabupaten Tabalong," ucap Noortita
 

Diketahui, Kabupaten Tabalong berbatasan dengan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) sehingga ramai menjadi lintasan lalu lintas Trans Kalimantan.


Baca juga: TKD "AMIN" Kalsel konsolidasi pemenangan Pemilu 2024

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023