Kepala Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan Sahridin mendapatkan penghargaan sebagai Local Hero Sustainable Development Goals (SDGs) terbaik dalam bidang pelestarian budaya lokal saat acara International Sustainable Development Awards (ISDA) 2023.

“Tentunya saya sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diterima, saya sendiri tidak menyangka dapat masuk dalam kategori terbaik sebagai Local Hero SDGs,” kata Kades Balida Sahridin kepada awak media di Balangan, Selasa.

Baca juga: Asik timbang sabu, pemuda asal HST diringkus BNNK Balangan

Sahridin juga mengucapkan terima kasih kepada Adaro Indonesia, yang mana telah memberikan dukungan dan bimbingan kepada Desa Balida hingga saat ini dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu sebagai Kepala Desa Balida, Sahridin juga berkomitmen untuk terus semangat dalam melestarikan seni budaya lokal dan mengembangkan wisata budaya di desa dan daerah.

Menurut Sahridin, tujuan dari upaya ini adalah untuk memberikan manfaat bagi masyarakat setempat termasuk meningkatkan ekonomi melalui pengembangan seni budaya di banua.

"Desa Balida memiliki kekayaan budaya yang unik dan beragam, mulai dari tarian tradisional, seni kerajinan, hingga kuliner khas," tutur Sahridin.

Baca juga: Ustadz Abdurrahman Al-Banjari dicintai umat itu kini telah tiada

Sahridin menambahkan, dirinya beserta timnya telah bekerja keras untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya ini melalui berbagai kegiatan dan acara.

Selain itu ia juga telah mengembangkan program wisata Pasar Budaya Racah Mampulang yang memberikan pengalaman autentik kepada pengunjung.

Penghargaan yang diterima oleh Sahridin menjadi bukti bahwa upaya mereka dalam pelestarian budaya lokal telah mendapat pengakuan dan apresiasi.

"Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan Desa Balida dapat semakin dikenal sebagai destinasi wisata budaya yang menarik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat," harapnya.

Baca juga: Warga Dahai serbu pasar murah

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023