Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, membuka program sistem pelayanan terintegrasi atau "sipetir".

"Program ini diluncurkan untuk mengoptimalkan pelayanan pendaftaran penduduk," kata Kepala Dinas Dukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi, di Batulicin Jumat.

Ia menjelaskan, sejauh ini Dukcapil Tanah Bumbu telah mengeluarkan dua program unggulan dalam memberikan layanan kependudukan bagi masyarakat, yakni program "Detak-detik" atau desa tertib administrasi kependudukan.

Baca juga: Disdukcapil Tanah Bumbu luncurkan program "Pelangsir Massal"

Selanjutnya program "Si Petir", program itu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan tujuan yang bersangkutan akan lebih mudah dalam mengurus administrasi kependudukan mencakup data kelahiran dan kematian.
 
"Program ini sangat mempermudah keperluan administrasi karena masyarakat, cukup melapor ke rumah sakit sesuai syarat yang di minta maka data kelahiran akan diterbitkan oleh petugas Dukcapil," terang Gento.

Dukcapil terus bergerak melakukan inovasi dan kolaborasi terhadap kemudahan kualitas pelayanan publik untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

Baca juga: Tujuh inovasi Disdukcapil Tanah Bumbu permudah layanan kependudukan

Melalui program "sipetir", pelayanan akan terintegrasi dengan Desa, Puskesmas dan Rumah Sakit, serta Dinas Kesehatan setempat.

"Kita ingin menyamakan persepsi, bahwa administrasi dokumen kependudukan dapat di tangani secara mudah, tepat, dan tanpa pungutan biaya," tegas Gento.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023