Bupati Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menyemangati ratusan kader posyandu di kota setempat dalam menjalanan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Profesi sebagai kader posyandu sangat mulia. Memiliki peran yang dahsyat dan luar biasa dimana dalam profesi itu memikirkan ibu hamil, balita, dan para lanjut usia (lansia)," kata Zairullah di Batulicin Jumat

Menurut dia, profesi ini adalah sangat mulia, sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW yang disampaikan yang artinya sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang dapat memberikan manfaat kepada manusia lainnya. Ia tergerak dan termotivasi memberikan perhatian kepada para kader tersebut.

Baca juga: Insentif kader posyandu di Tanbu direncanakan capai Rp500 ribu

Selama ini, keberadaan kader posyandu sangat membantu pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting di "Bumi Bersujud".

Oleh karena itu, pemerintah kabupaten juga memberikan tambahan insentif kepada kader posyandu sebesar Rp100 ribu per bulan menjadi Rp500 ribu per bulan.

Pemerintah juga memberikan orientasi kompetensi kader posyandu dan diikuti sebanyak 400 kader dan 40 pendamping dari delapan Puskesmas di Tanah Bumbu.

Baca juga: Zairullah minta Parpol di Tanah Bumbu gunakan dana hibah semestinya

"Agar yang bersangkutan dapat meningkatkan kapasitas dalam rangka integrasi pelayanan kesehatan primer di wilayah kerjanya," Jelas Bupati yang di dampingi Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka dan Sekretaris Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Arman.

Ada 25 kompetensi yang wajib di ketahui oleh kader posyandu, salah satunya adalah terampil dalam pengelolaan posyandu.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023