Kontingen Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku tuan rumah menembus posisi enam besar klasemen sementara pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Tahun 2023 dengan memperoleh tujuh medali emas, tujuh perak dan 26 perunggu.

"Alhamdulillah hari ini Kalsel menambah lagi medali emas dari cabang olahraga gulat, karate dan panjat tebing," kata Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Kalimantan Selatan Muhammad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Gulat sumbang dua emas, Kalsel duduki peringkat 12 POMNAS

Rusmin menyebut gulat andalan Kalsel pada POMNAS kali ini dengan koleksi lima emas yang disumbang Muhammad Rafli Noor Athariq pada nomor gulat kategori Greco-Roman Kelas 130 kilogram, Kahfi Izdhar Qhusy (Greco-Roman Kelas 67 kilogram).

Kemudian, Muhammad Fajrin Abdillah (Gaya Bebas Kelas 125 kilogram/putra), Andreyawan (Gaya Bebas Kelas 61 kilogram/putra), serta Nurul Khatimah (Gaya Bebas Kelas 48 kilogram/putri).

Sedangkan satu emas lain dari cabang olahraga karate diraih Muhammad Afif Lubis kategori Karate Kumite Kelas 75 kilogram/putra dan Mohammad Ferza Fernanda Abdi juara pada cabang olahraga panjat tebing boulder perorangan putra.

Baca juga: Menpora Dito dan Paman Birin Buka POMNAS XVIII 2023 di Kalsel
 
Atlet Kalsel Nurul Khatimah (jaket kuning) meraih medali emas pada cabang olahraga gulat gaya bebas kelas 48 kilogram putri. (ANTARA/Firman)

Rusmin yang juga Ketua Pelaksana POMNAS XVIII mengaku bersyukur terhadap pencapaian prestasi kontingen Kalsel yang telah menunjukkan penampilan terbaik dan bersejarah selama penyenggaraan ajang olahraga paling bergengsi level perguruan tinggi itu.

"Jadi kita tak hanya sukses dalam penyelenggaraan namun juga sukses prestasi," ucap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

Hingga Selasa petang, kontingen DKI Jakarta masih memimpin perolehan medali dengan 64 emas, 32 perak dan 34 perunggu.

POMNAS yang berlangsung sejak 12-22 November 2023 tersebut diikuti sebanyak 2.717 atlet dari 36 provinsi dengan 16 cabang olahraga dan 209 nomor yang dipertandingkan untuk memperebutkan 1.397 medali.

Baca juga: Kadispora Kalsel minta atlet POMNAS junjung sportivitas

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023