Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalimantan Selatan (Kadispora Kalsel) Hermansyah meminta para atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 dapat senantiasa menjunjung tinggi sportivitas.

 

"Jangan sampai ada yang tidak sportif yang bisa mencoreng sebuah pertandingan dalam ajang sebesar POMNAS," kata dia di Banjarmasin, Selasa.

 

Selain atlet, Hermansyah juga mewanti-wanti tim official termasuk pelatih agar bisa menunjukkan komitmen yang sama.

 

Menurut dia, penting bagi tim di luar lapangan menjaga suasana sejuk agar tidak berimbas kepada atlet yang berlaga.

 

"Saya sangat memahami para atlet POMNAS kan kalangan mahasiswa, jadi benar-benar harus dijaga emosionalnya oleh tim pelatih dan kru di luar lapangan," tegasnya.

 

Sementara Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan POMNAS seyogianya ajang silaturahmi bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia.

 

Maka dari itu, selain mengejar prestasi di bidang olahraga juga harus tetap mengedepankan semangat persaudaraan antar sesama mahasiswa dan civitas akademika secara umum.

 

"Tunjukkan jika atlet POMNAS adalah mahasiswa dan mahasiswi terbaik yang menjadi duta bagi kampus dan daerah asalnya masing-masing," ucapnya.

 

Diketahui POMNAS XVIII tahun 2023 yang menjadikan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah diikuti 2.922 atlet dari kontingen 36 provinsi di Indonesia.

 

Pertandingan untuk 16 cabang olahraga berlangsung sejak 12 November hingga 22 November 2023 mendatang.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023