Kementerian Perdagangan berikan penghargaan kepada tiga pasar di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan sebagai  Pasar Tertib Ukur Tahun 2023.

Masing-masing, Pasar Kelua Kecamatan Kelua, Pasar Arba Kecamatan Banua Lawas dan Pasar Kapar Kecamatan Murung Pudak.

Baca juga: Kapolres Tabalong: Polri harus netral tak memihak siapapun

"Tahun ini tiga pasar mendapat penghargaan dan sebelumnya Pasar Tanjung," jelas Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Tabalong Syamani di Tanjung, Jumat.

Dia mengatakan, penghargaan dari Kementerian Perdagangan ini bisa menjadi pemacu semangat SKPD terkait untuk mencapai target dalam  mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai daerah tertib ukur.

Saat ini dari total 28 pasar yang dikelola Pemerintah Kabupaten Tabalong ada empat pasar telah memperoleh penghargaan Pasar Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Baca juga: Kembangkan Ekonomi Desa, Adaro Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Lokal

 Sementara itu, Kabid Perdagangan dan Kemetrologian DISKOPUKMPP Kabupaten Tabalong Noviana Eredha mengatakan Tera Ulang Alat Ukur Timbang dan Takar serta Perlengkapannya (UTTP) dilakukan secara berkala disemua pasar di Kabupaten Tabalong.

Untuk diketahui penghargaan diserahkan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan di Hotel Pullman Bandung pada Jumat (17/11).
 
Melalui rilis Diskominfo Tabalong Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam sambutannya mengatakan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk mewujudkan konsumen yang berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab.

Baca juga: Dinas Tenaga Kerja Tabalong siapkan kenaikan UMK 2024

Konsumen berdaya secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Upaya untuk terus melindungi konsumen memiliki tantangan yang besar. 

Hal ini mengingat Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia yang mencapai 278 juta jiwa. 

Jumlah tersebut seluruhnya merupakan konsumen sekaligus target pasar produk dalam dan luar negeri.

Mendag mengapresiasi seluruh Pemerintah Daerah yang telah mendukung kegiatan perlindungan konsumen di wilayahnya, serta menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi untuk mewujudkan konsumen berdaya.

Baca juga: Disbunnak Tabalong terapkan aplikasi "Si Sapi Manis" mudahkan inseminasi ternak

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023