Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menerapkan aplikasi Sistem Aplikasi Sapi Minta Kawin Gratis atau disebut "Si Sapi Manis" untuk kemudahan pelayanan inseminasi buatan bagi ternak.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong Soleh menjelaskan sebelumnya para peternak telah diberi pelatihan terkait penggunaan aplikasi Si Sapi Manis.

Baca juga: DPRD Tabalong usulkan tiga calon pejabat bupati

"Aplikasi ini memudahkan para peternak untuk pelayanan kesehatan sapi, khususnya layanan kawin sapi atau inseminasi buatan," jelas Soleh di Tabalong, Rabu

Untuk meminta inseminasi buatan para peternak   tidak perlu lagi mencari sapi jantan untuk mengawinkan sapi namun cukup menggunakan jasa inseminasi buatan.

Soleh menambahkan hasilnya akan lebih bagus dibandingkan hasil perkawinan dengan sapi jantan.

"Jadi tidak perlu lagi mencari sapi jantan bila ingin mengawinkan sapi, cukup dengan inseminasi buatan dan hasilnya bisa lebih bagus dibandingkan perkawinan dengan sapi jantan," tuturnya.

Baca juga: KPK berikan sosialisasi pencegahan korupsi bagi pejabat Tabalong

Saat ini Dinas Perkebunan dan Peternakan setempat telah memiliki 10 tenaga pendukung termasuk dokter hewan. 

Soleh pun berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik melalui aplikasi Si Sapi Manis yang  diunduh oleh para peternak melalui google play store.

"Kami telah memiliki 10 tenaga pendukung termasuk dokter hewan. Dan kami akan memberikan layanan terbaik melalui aplikasi ini," ujarnya.

Terus dikatakannya, layanan di aplikasi ini mencakup pengajuan untuk mendapat layanan inseminasi buatan dan vaksinasi sapi.

"Aplikasi yang kita buat ini sudah mencakup pengajuan untuk mendapat layanan inseminasi buatan dan vaksinasi sapi agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," ujarnya.

Baca juga: Kacang rasa sate UMKM binaan Adaro makin berkembang
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023