Rumah Sakit Umum Daerah Datu Kandang Haji (RSUD DKH) Balangan, Kalimantan Selatan membagikan ratusan bingkisan berisi makanan untuk para jamaah Haul Datu Kandang Haji di Teluk Bayur, Kecamatan Juai.

“Alhamdulillah pada kegiatan haulan Datu Kandang Haji tahun ini kita dapat berpartisipasi, yaitu dengan memberikan bingkisan makanan untuk para jamaah yang datang dari berbagai kota,” kata Direktur RSUD Datu Kandang Haji Balangan drg. Sudirman di Balangan, Senin.

Baca juga: RSUD Datu Kandang Haji Balangan perluas lahan parkir

Menurut Sudirman, pihaknya pertama kali melaksanakan kegiatan tahunan Haul Akbar Datu Kandang Haji di Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.

Sudirman melanjutkan pihaknya pada kegiatan haul tersebut membangun posko, selain untuk tempat para jamaah beristirahat juga untuk membagikan bingkisan makanan kepada para jamaah.

“Terima kasih kepada seluruh staf dan pegawai yang terlibat langsung pada kegiatan ini, semoga tahun depan kita kembali dapat mengikuti dan berpartisipasi lagi pada acara ini,” tutur Sudirman.
 
Pegawai RSUD Datu Kandang Haji Balangan saat memberikan bingkisan makanan kepada jamaah Haul Datu Kandang Haji di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Ahad (12/11/2023). ANTARA/Ragil Darmawan


Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada panitia dan para relawan terkait penyelenggaraan Haul Datu Kandang Haji pada 2023.

"Semoga untuk acara Haul Kandang Haji selanjutnya bisa lebih baik lagi dan para jemaah semakin bertambah yang hadir," tutur Abdul Hadi.

Diketahui, Datu Kandang Haji atau Datu Surya Sakti Mangku Alam atau Patih Bantar Alam merupakan tokoh ulama besar yang ada di Kabupaten Balangan.

Semasa hidupnya, Datu Kandang Haji telah membangun beberapa masjid, seperti Masjid Al Mukarramah di Desa Bangkal, Masjid Jannatul Ma’wa di Desa Buntu Karau dan Masjid Siraajul Huda di Desa Paran serta beberapa benda pusaka lainnya yang masih ada hingga sekarang menyebarkan agama Islam.

Baca juga: RSUD Datu Kandang Haji ditargetkan tingkatkan kualitas pelayanan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023