Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, Kalimantan Selatan Rahmi mengimbau masyarakat Balangan agar tidak panik terkait informasi gempa bumi yang terjadi pada Senin pagi.

“Kami imbau masyarakat jangan panik terkait adanya informasi gempa ini,” kata Rahmi di Balangan, Senin.

Baca juga: Gempa M4.0 guncang Tabalong-Balangan Kalsel

Untuk Kabupaten Balangan, Rahmi mengaku belum mendapatkan adanya laporan bangunan atau korban terdampak gempa hingga saat ini.

Menurut Rahmi, karena memang keterangan dari Kepala BMKG Kalimantan Selatan terkait gempa berkekuatan di bawah lima magnitudo tidak berasa.

Rahmi melanjutkan getaran gempa menimbulkan kerusakan atau berdampak ketika gempa berkekuatan di atas enam Magnitudo, sedangkan gempa bumi di Balangan berkekuatan M4,0.

“Informasi ini juga memang sudah kita konfirmasi yaitu dengan berkoordinasi dengan Kepala BMKG Kalsel, beliau memberikan keterangan bahwa itu memang betul terjadi dan informasinya valid,” ujar Rahmi.

Baca juga: Amuntai dilanda gempa Mag 3,6

Selain itu, ucap Rahmi, gempa yang berkekuatan di bawah 5 Magnitudo itu hampir setiap hari terjadi di luar pulau Kalimantan bahkan mencapai ratusan kali.

Diketahui, Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan mengumumkan kejadian gempa bumi di daerah sekitar Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan pada Senin (13/11) pagi.

Gempa terjadi pada pukul 07:39 WIB atau pukul 8.39 Wita dengan kekuatan M 4.0 pada titik gempa berada pada koordinat 2.17 LS-115.59 BT dari kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Masyarakat Kalsel gelar sholat gaib untuk korban gempa Turki dan Suriah

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023