Masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan yang ada di Kota Banjarmasin menggelar sholat gaib untuk korban gempa di Turki dan Suriah di Mesjid Raya Sambil Muhtadin Banjarmasin, Jumat.
 
Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel DR H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Jumat, kegiatan sholat gaib setelah sholat fardhu Jumat.
 
"Alhamdulillah, ratusan jamaah sholat Jumat di Mesjid Raya Sambil Muhtadin Banjarmasin ikut sholat gaib untuk saudara kita yang jadi korban gempa di Turki dan Suriah," ujarnya.
 
Tambrin menyampaikan, aksi yang dilakukan ini sebagai Pray For Turki dan Suriah yang mengalami gempa dahsyat bermagnitudo 7,7 pada Senin (6/2) pukul 04.17 waktu setempat.
 
"Ribuan orang menjadi korban jiwa, kita sangat berdukacita atas kejadian ini," kata Tambrin.
 
Sebagai saudara sesama muslim, kata Tambrin, Kanwil Kemenag Kalsel menyerukan seluruh mesjid se-Kalsel untuk serentak menggelar sholat gaib setelah sholat Jumat hari ini atas korban jiwa tersebut.
 
"Kita ikut prihatin dan berdukacita,
Kita mendoakan untuk keselematan dan kesembuhan yang sakit," ujarnya.
 
"Yang wafat kita sholat gaib itu mendoakan saudara-saudara kita, semoga diampuni Allah SWT, dan syahid dunia dimasukan ke dalam surga," tuturnya.
 
Dari berita Antara hari ini, jumlah korban jiwa akibat gempa bumi dahsyat yang terjadi pada Senin (6/2) di Turki dan Suriah telah melampaui 21.000 orang, menurut data terbaru yang dirilis oleh pihak otoritas dan tim penyelamat.
 
Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi di Turki bertambah menjadi 17.674 orang dengan 72.879 korban luka-luka, kata Wakil Presiden Turki Fuat Oktay pada Kamis (9/2).
 
Sementara di Suriah, sebanyak 1.678 orang tewas di sejumlah wilayah yang dikuasai pemerintah, sementara jumlah korban jiwa di daerah yang dikuasai pihak oposisi mencapai 2.190 orang, menurut sejumlah laporan media setempat.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023