Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan melakukan kaji tiru ke Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur untuk memantapkan rencana pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP) di tingkat kecamatan.

Penjabat (Pj) Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan yang menjadi percontohan di Sidoarjo yakni ragam layanan pada mini MPP Kecamatan Sukodono.

"Kita ingin melihat perbedaan antara MPP kabupaten dengan mini MPP yang berada di kecamatan,"  jelasnya di Sidoarjo, Kamis.

Baca juga: Kemen PAN-RB resmikan Mal Pelayanan Publik Tapin

Syarifuddin mengungkapkan ada 12 layanan yang dikaji SKPD Tapin di mini MPP Kecamatan Sukodono tersebut, misalnya layanan ; kependudukan, pajak daerah, ketenagakerjaan, SKCK, KUA, BPJS hingga layanan perbankan.

"Pelayanan yang ada di mini MPP ini nantinya dapat kita terapkan di mini MPP kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin," ungkapnya.

Layanan publik ini akan diterapkan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin. Namun, kendala besar menanti, yaitu integrasi jaring internet yang belum merata di beberapa kecamatan.

"Rata-rata pelayanan tersebut terhubung dengan jaringan internet. Sedangkan di Kabupaten Tapin akses internet kurang merata hanya di area perkotaan saja," ungkapnya.

Baca juga: Bangunan mal pelayanan publik di Tapin selesai

Meskipun demikian, kata Syarifuddin, sementara pemerintah akan membangun mini MPP di setiap kecamatan yang mempunyai jaringan internet.

"Kita akan coba terlebih dahulu mini MPP di beberapa kecamatan yang sudah siap, mulai dari akses internet, SDM maupun infrastrukturnya," jelasnya.

Tujuan besar Pj Bupati Tapin itu yakni, agar masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan layanan sehingga membuka potensi kemajuan wilayah kecamatan, baik sektor ekonomi ataupun sosial.

Baca juga: Pemkab Tapin bangun mal pelayanan publik di pusat kota

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023