Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan Hermansyah meminta "Bunda Literasi" dapat meningkatkan gemar membaca masyarakat setempat.

Hal itu diungkapkan Hermansyah saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan arsip dinamis dan aplikasi "Srikandi" sekaligus pengukuhan Bunda Literasi Rusnawati Hermansyah.

Baca juga: Dinas PMD HSS tempati kantor baru permudah koordinasi

"Dengan adanya pengukuhan Bunda Literasi saya berharap dapat memotivasi masyarakat, berinteraksi dan tentunya akan dapat meningkatkan indeks gemar membaca di HSS,” kata Hermansyah di Kandangan, Senin.

Dijelaskan dia, tugas mulia Bunda Literasi harus sering digelorakan, masyarakat juga harus terlibat langsung untuk membudayakan gemar membaca di tingkat kecamatan, kelurahan, desa hingga rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT).

Selain itu, Hermansyah juga mengharapkan bimtek tersebut memberikan dampak yang besar pada penyelenggaraan kearsipan yang efisien, efektif, dan sistematis.

Baca juga: DPRD ingin perpustakaan HSS jadi tolok ukur layanan regional Kalimantan

"Sehingga kita dapat mewujudkan pengelolaan arsip yang baik, sekaligus mendukung gerakan nasional sadar tertib arsip," ujarnya.

Kegiatan ini juga diisi penyerahan penghargaan kearsipan dari Pj Bupati HSS yang disaksikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, kepala OPD, para camat, dan Ketua TP PKK Kecamatan kepada Unit Kearsipan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023