Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel)  Athaillah Hasbi atau dengan sapaan Bang Atak mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (DPPPAKB) provinsi setempat yang terus berupaya meningkatkan pemberdayaan perempuan.

"Dengan peningkatan pemberdayaan perempuan, kita harapkan kontribusi kaum ibu makin meningkat pula terhadap ekonomi keluarga," ujar Bang Atak dari Barabai (165 km utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalsel, Ahad.

Baca juga: DPRD Kalsel ingatkan TPPO saat sosialisasi Perda Pemberdayaan Perempuan

Pasalnya, lanjut wakil rakyat kelahiran "Bumi Murakata" HST tersebut, secara umum selama ini terkesan konstruksi kaum perempuan terhadap ekonomi keluarga/rumah tangga masih kurang atau belum maksimal.

Menurut wakil rakyat bergelar sarjana sosial dan sarjana hukum itu, pelatihan industri rumahan oleh DPPPAKB Kalsel salah satu upaya meningkatkan peran atau pemberdayaan perempuan terhadap kontribusi ekonomi keluarga.

Pelatihan industri rumahan oleh DPPPAKB Kalsel tersebut di Desa Mandingin Kecamatan Barabai pada 4 November 2023 dengan melibatkan perempuan, terutama ibu-ibu rumah tangga, demikian Bang Atak.

Sementara Kepala DPPPAKB Kalsel Adi Santoso mengatakan,  bahwa pelatihan bertujuan l mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kontribusi perempuan dalam pendapatan keluarga serta memperkuat peran perempuan dalam masyarakat.
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) laksanakan pelatihan industri rumahan di Kecamatan Barabai (164 km utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Sabtu (4/11/2023). (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
 
Menurut dia, pelatihan tersebut menjadi penting, karena jumlah penduduk perempuan di "Kota Apam " Barabai lebih banyak daripada laki-laki.

Salah satu jenis pelatihan dengan memberikan inovasi dalam pembuatan pudding sehat.

Baca juga: Golkar diharapkan mampu raih suara anak muda pada Pemilu 2024

Peserta pelatihan 50 orang terdiri dari warga Kecamatan Barabai, khususnya Desa Mandingin, seperti ibu-ibu PKK, kader, dan ibu rumahan, dengan harapan mereka akan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dan berinovasi dalam memproduksi kerajinan Pudding Sehat dengan buah.

Pada kesempatan itu pula Bang Atak menyosialisasikan Perda Kalsel Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023