PT Subur Agro Makmur (SAM) menggelar santunan untuk anak yatim piatu, program santunan ini juga menjadi program unggulan Masjid Sabilul Jannah yang berlokasi di PT SAM, Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  

"Ada sekitar 21 anak yatim piatu yang menjadi sasaran santunan yang kita salurkan, terbagi dari 14 anak eksternal dan tujuh anak internal," kata CDO PT SAM, Joko Sambodo dalam pers release kepada ANTARA, Rabu.

Dijelaskan Joko, eksternal berarti merupakan anak yang tinggal di luar perkebunan yang berada di wilayah Ring 1 PT SAM, sedangkan internal merupakan anak dari karyawan PT SAM.

Tahun ini  anggaran pelaksanaan program santunan anak yatim piatu 100 persen dari donatur,  berasal dari karyawan-karyawati PT SAM dengan dana terkumpul sebesar Rp32 juta lebih.

Selain didukung oleh Manajemen PT SAM Kegiatan ini juga di dukung oleh empat paguyuban di PT SAM, yaitu paguyuban staf, mandor 1, admin, dan pabrik sebagai kontributor dalam pengadaan konsumsi kegiatan santunan dirangkai buka puasa bersama.

"Kegiatan santunan anak yatim tahun ini memang sengaja kita buat, sebagai ladang sedekah karyawan untuk bisa berbagi terhadap sesama," ucap Joko. 

Administratur PT SAM, Martuah Nasution sampaikan sambutan dalam kegiatan santunan untuk anak yatim piatu
di Masjid Sabilul Jannah, PT Subur Agro Makmur, Bajayau Daha Barat, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Rabu (26/4/2023). (ANTARA/HO-PT SUBUR AGRO MAKMUR)

Baca juga: PWI HSS dan PT SAM santuni anak yatim piatu

Menurut Joko, sebanyak 300 lebih jamaah memadati Masjid Sabilul Jannah, jamaah yang hadir merasa bahagia karena dapat melaksanakan santunan anak yatim.

Semuanya bergotong royong, baik dalam mempersiapkan konsumsi, dekor ruangan, bersih-bersih masjid, serta mempersiapkan hal-hal teknis lainnya. 

"Tahun ini menjadi hal yang baru, dan kita bersama-sama dapat memberikan kebahagiaan tersendiri di hati jamaah masjid Sabilul Jannah," tutur Joko. 

Administratur PT SAM, Martuah Nasution, mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, dan pihaknya bersyukur jumlah donasi yang terkumpul bisa melebihi target.

"Semoga menjadi ladang ibadah untuk kita semua, dan kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kerjasama antar warga dengan panitia," ujar Martuah dalam sambutan. 

Perwakilan Panitia, Suriyadi, juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh panitia, serta seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini.

Secara khusus, Suriyadi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Administratur PT SAM, yang juga telah mendukung kegiatan santunan ini.
 

Penyerahan santunan untuk anak yatim piatu di Masjid Sabilul Jannah, PT Subur Agro Makmur,
Bajayau Daha Barat, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Rabu (26/4/2023). (ANTARA/HO-PT SUBUR AGRO MAKMUR)


Baca juga: PT SAM gelar training Komite secara tatap muka

" Pelaksanaan program santunan anak yatim piatu dengan membuka penggalangan dana dari para donatur, juga merupakan saran dari Bapak Administratur PT SAM," jelas Suriyadi.

Adapun santunan anak yatim piatu tidak hanya disalurkan untuk internal dan ring 1 saja, namun juga disalurkan kepada beberapa yayasan atau pondok yang membina anak yatim piatu.

Di antaranya Darul Amien yang beralamat di Daha Utara, panti asuhan di Kota Kandangan, yakni Panti Asuhan Budi Bakti dan Afurqon.

Pengurus Pondok Darul Amien, Rifai, menyampaikan terima kasih kepada karyawan dan karyawati PT SAM, telah menyisihkan hartanya untuk berbagi dengan anak yatim dan piatu

"Mudah-mudahan menambah keberkahan untuk harta yang dimiliki, serta umur yang panjang," ungkap Rifai.

Baca juga: Anak perusahaan Group Astra Argo berdayakan warga lokal jadi pekerja

Penyerahan santunan untuk anak yatim piatu di Masjid Sabilul Jannah, PT Subur Agro Makmur,
Bajayau Daha Barat, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Rabu (26/4/2023). (ANTARA/HO-PT SUBUR AGRO MAKMUR)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023