Wakil Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi atau yang akrab dengan sapaan Paman Yani mengajak pemuda menjaga keutuhan bangsa.

"Dalam memaknai momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini pemuda harus menjaga keutuhan bangsa atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Paman Yani, Senin malam sesudah sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.


Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau dulu dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tersebut di Desa Mekar Sari (sekitar 260 km tenggara Banjarmasin) Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin sore.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu itu memanfaatkan momen Hari Sumpah Pemuda yang peringatannya setiap 28 Oktober untuk semakin memicu semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia menyatakan, tentu saja selain memang untuk melaksanakan tugas kedewanan, kehadiran dirinya di "Bumi Bersujud" Tanbu untuk menanamkan sekaligus memberikan penguatan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai landsan dasar bernegara.

Melihat maraknya kasus kejahatan geng motor yang terjadi belakangan ini, wakil rakyat kelahiran Banjarmasin namun banyak berkiprah di Bumi Bersujud Tanbu dan "Bumi Sa-ijaan" Kotabaru itu mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keamanan lingkungan sekitar.

"Dampak ketakutan yang disebarkan oleh geng motor itu memang sangat luas. Untungnya belum sampai ke Bumi Bersujud Tanbu. Inilah tugas dewan untuk tetap menjaga kokohnya persatuan," tutur Paman Yani.

Paman Yani  juga menyayangkan aksi yang membuat gaduh tersebut, hal itu jelas berdampak pada perekonomian para pedagang yang biasa mangkal malam hari, apalagi sebagian besar anggota geng motor berusia remaja yang akan memimpin bangsa kelak.

"Perilaku seperti itu memang tidak patut dicontoh, tetapi jangan juga sampai tersulut emosi. Kita serahkan semuanya kepada aparat polisi. Tugas kita tetap waspada dan jauhi segala tindak kejahatan," pesan Paman Yani.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi saat sosialisasikan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, 30 Oktober 2023. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
 

Sementara itu, melihat antusias warga menyambut kehadiran dan paparan Paman Yani, Ketua RT 004 Desa Mekar Sari Jariansyah mengaku sangat bersyukur.

Sebab menurut dia, Wasbang yang Paman Yani sampaikan merupakan kebutuhan warga masyarakat di tengah maraknya berita "hoax" (bohong) dan kisruh yang terjadi, terlebih menjelang tahun politik seperti sekarang.

"Saya atas nama warga, akan sangat berbahagia dan menyambut baik jika Paman Yani kembali untuk berkunjung ke sini," katanya.

Tidak lupa dalam kegiatan tersebut, Paman Yani memberikan kuis untuk memastikan apa yang dia sampaikan benar-benar seluruh masyarakat serap.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023