Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperindag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan terus mendorong pembaharuan data Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten HSU melalui sosialisasi.

“Pendataan IKM terus berjalan dan terus berlanjut, maka setiap tahun perlu diperbaharui dalam menghimpun data-data IKM yang ada di kecamatan sampai dengan ke desa-desa,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskuperindag HSU Asikin Noor di HSU, Rabu.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari Museum hadirkan koleksi masyarakat hingga BPJAMSOSTEK-Kejati perpanjang kerja sama.

Asikin Noor menuturkan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan kepada para petugas pendataan kecamatan pada Aplikasi Website SIDIK HSU.

Asikin Noor melanjutkan adapun Aplikasi Website SIDIK HSU dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi terpadu yang di dalamnya berisi data dan informasi tentang IKM yang ada di lingkup Kabupaten HSU.

Menurut Asikin Noor, sistem ini nantinya akan digunakan oleh petugas pendataan kecamatan untuk mengkoordinir petugas pendataan desa pada wilayah masing-masing.

Asikin Noor menambahkan, dia berharap melalui sosialisasi Aplikasi SIDIK HSU para petugas pendataan kecamatan nantinya semakin mudah saat proses pendataan serta dapat memetakan bantuan bagi usaha-usaha mikro.

“Semoga melalui aplikasi ini para petugas dapat terbantu dan mudah untuk mendata para pelaku IKM di kecamatan.” harapnya.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti lomba "Balogo" se-Kalsel di HSU

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023