Tim Abdi Masyarakat STIKES Suaka Insan Banjarmasin telah berhasil mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyakarat di Puskesmas Mantuil di bawah wilayah kerja Puskesmas Pekauman berupa kegiatan senam lansia guna membangun masyarakat sehat melalui peningkatan status kesehatan lansia.

"Kegiatan diikuti oleh sekitar 30 orang lansia yang terdaftar pada posyandu setempat," kata Ketua Tim Abdi Masyarakat STIKES Suaka Insan Banjarmasin Ermeisi Er Unja, Ners. M. Kep di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Pria lansia di Teluk Dalam Banjarmasin tewas di dalam rumah

Ermeisi mengatakan kegiatan itu termasuk dalam rangkaian Program DIARII yang dilaksanakan sejak Mei 2023 sampai Agustus 2023 yang lalu. 

Program DIARII merupakan kumpulan intervensi yang dilakukan untuk mencegah hipertensi pada lansia.

Beberapa kegiatan yang sudah berhasil dilakukan sebelumnya selain senam lansia adalah pelatihan para kader untuk lebih terampil dalam melakukan pemeriksaan kesehatan serta pelaksanaan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat khususnya lansia.

Ermeisi menyatakan melalui kegiatan itu diharapkan status kesehatan lansia di kota Banjarmasin dapat meningkat menjadi lebih baik, khususnya dalam pencegahan penyakit hipertensi. 

"Untuk itu besar harapan kami agar kegiatan seperti ini dapat secara rutin kami laksanakan," ucapnya.

 Baca juga: UPZ Bank Kalsel bantu biaya hidup lansia di Banjar
Tim Abdi Masyarakat STIKES Suaka Insan Banjarmasin mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyakarat di Puskesmas Mantuil (ANTARA/Firman)

Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu adalah wujud dari pelaksanaan Hibah Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pemula yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2023. 

Tim pelaksana staff dosen keperawatan yang diketuai oleh Ermeisi Er Unja, Ners. M. Kep, dan Oktovin, Ners. M. Kep serta Chrisnawati, Ners. MSN sebagai anggotanya.

Kegiatan juga melibatkan beberapa orang mahasiswa sebagai bentuk dari pelaksanaan Merdeka Belajar yang diterapkan di STIKES Suaka Insan Banjarmasin.

Baca juga: Satu lansia tewas akibat kebakaran hanguskan tujuh rumah di Gambut

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023