Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan terus mendorong PT Bank Kalsel, salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik pemerintah provinsi (Pemprov) setempat mengembangkan Kelompok Usaha Bank atau KUB.

Ketua Komisi II Imam Suprastowo mengemukakan itu, Selasa, sesudah studi komparasi atau kaji tiru ke PT Bank Jatim di Surabaya terkait modal inti dan KUB.

Baca juga: DPRD Kalsel berharap 20 persen "mandatory spending'" maksimalkan fungsi pendidikan

"Untuk mengembangkan KUB dan terkait modal inti, kami bersama direksi Bank Kalsel atau 'Banknya Urang Banua' studi komparasi ke Bank Jatim," ujar Imam Suprastowo.

Menurut anggota DPRD Kalsel dua periode itu, pengembangan KUB merupakan keniscayaan dalam upaya pemanfaatan kelebihan modal inti.

Pasalnya, lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) tersebut, Banknya Urang Banua' saat ini kelebihan modal akibat dana itu kurang tersalurkan.

Sedangkan sisi partisipasi masyarakat Kalsel, menurut IImam Suprastowo saat ini sudah cukup baik. Hanya saja, Bank Kalsel sesuai ketentuan tidak boleh memberikan kredit seenaknya, hal tersebut harus menjadi perhatian.

Baca juga: Kalsel gandeng DKI perkuat perkara perdata dan tata usaha negara

Rombongan Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat kunjungan ke PT Bank Jatim di Surabaya, 16 Oktober 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)
 

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi II Muhammad Yani Helmi atau yang akrab dengan sapaan Paman Yani menyampaikan apresiasi kepada Bank Kalsel atas kinerja yang menurutnya sudah cukup baik. 

Namun terlepas dari itu semua, dia tetap mendorong Bank Kalsel agar memaksimalkan upaya lainnya seperti KUB, supaya permasalahan-permasalahan yang ada dapat teratasi.

Menyambut rombongan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel tersebut AVP Divisi Manajemen Anak Perusahaan Ainun dan SEVP Usaha Syariah beserta tim. 

Turut hadir mendampingi wakil rakyat itu di antaranya Kadiv Perencanaan dan Kinerja Bank Kalsel Muhammad Zulkarnain dan Kepala Cabang Utama Banjarmasin, Firmansyah.

Studi komparasi ke Bank Jatim tersebut saat kunjungan kerja Komisi II ke luar daerah, 15-17 Oktober 2023.

Baca juga: Siswa MAN 2 Banjarmasin dapat pencerahan tupoksi DPRD Kalsel

Rombongan Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat kunjungan ke PT Bank Jatim di Surabaya, 16 Oktober 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023