Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab)  Tanah Laut, Kalimantan Selatan Dahnial Kifli mengatakan penilaian Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kalsel dapat memotivasi sekolah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di sekolah. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan UKS/M di sekolah atau madrasah," ujar Dahnial Kifli melalui siaran pers di Pelaihari, Selasa.

Selain itu, sebut dia, dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.

Dia berharap,  melalui Trias UKS/M meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. 

"Keberadaan UKS/M di sekolah bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan  harmonis pada peserta didik," terangnya. 

Pada lomba sekolah sehat, dokter kecil, dan kader kesehatan remaja tahun 2023, terdapat dua sekolah mewakili Tanah Laut di tingkat Kalsel.

Kedua sekolah tersebut adalah,  UPTD SDN Pabahanan dan UPTD SMPN 2 Bati-Bati.

Setelah hasil evaluasi pembinaan dan penilaian dilaksanakan  tim diantaranya,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Laut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Laut dan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Tanah Laut. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023