Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel Fachruddin menyampaikan peresmian kantor baru Bank Kalsel Cabang Pembantu Nagara menjadi bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan dari Bank Kalsel untuk wilayah Daha, Nagara.

"Jadi kantor ini memang sudah sekian tahun berlokasi depan pelabuhan, dulunya memang berlokasi strategis di pertigaan namun jalannya sempit," kata Fachruddin dalam sambutan di peresmian dan syukuran kantor baru, di Tumbukan Banyu, Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin.

Dijelaskan dia, relokasi atau pemindahan lokasi kantor tersebut seiring dengan peningkatan kinerja dari kantor cabang pembantu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Disamping, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS sudah menambahkan modal cukup besar tahun lalu, sekitar Rp16 miliar,  maka total penyertaan modal dari Kabupaten HSS telah mencapai Rp73 miliar.

Baca juga: Pj Bupati HSS: Bank Kalsel dekatkan pelayanan bagi nasabah di Nagara

Penyertaan modal dari Kabupaten HSS termasuk Rp2,5 miliar untuk pengembangan Bank Kalsel Syariah, dan di Kalsel diketahui hanya ada dua kabupaten yang telah memberikan alokasi khusus bagi Bank Kalsel Syariah, yakni HSS dan Hulu Sungai Utara (HSU).

Dan di tahun ini 2024 ini, Pemkab HSS akan kembali melakukan penambahan penyertaan modal sekitar Rp116 juta, peraturan daerahnya telah selesai dan diharapkan bisa direalisasikan di anggaran APBD murni.

"Perkembangan Bank Kalsel Cabang Kandangan dan Nagara telah menunjukkan kinerja yang sangat baik, seperti dalam pencapaian pertumbuhan kredit Dana Pihak Ketiga (DPK)," ungkapnya.

Pencapaian ditunjang adanya kantor baru bagi cabang pembantu Nagara juga menjadi tantang, agar kantor yang makin refresentatif dan luas juga berdampak positif membawa peningkatan pelayanan dan menghasilkan laba atau keuntungan bagi perusahaan.

Laba perusahaan tersebut berkembang kemudian dalam bentuk deviden yang akan dikembalikan lagi kemanfaatannya untuk daerah, disamping Bank Kalsel selama ini terus bersinergi dengan pemerintah daerah bersama-sama membangun banua.

Baca juga: Fachrudin ajak Insan Bank Kalsel teladani Akhlak Rosulullah

"KUR kita sudah dialokasikan Rp1 triliun, di mana wilayah Nagara menjadi prioritas dengan bunga lima persen, sangat tepat untuk dukung pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan UMKM," ucapnya.

Pihaknya juga berharap Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermasyah apabila ada kesempatan turun ke desa-desa, dapat membantu mensosialisasikan program KUR supaya dapat terpenuhi, tepat sasaran dan tepat waktu.

Terkait pemanfaatan dana program CSR, dipersilahkan untuk bisa mengkoordinasikan pemanfaatannya baik untuk masyarakat HSS secara umum, maupun di Nagara secara khusus. 

"Dan Alhamdlillah kita bersyukur hari ini Pj Bupati HSS beserta jajaran datang langsung meresmikan relokasi kantor cabang pembantu kita, di lokasi yang lebih luas dan nyaman dan mudah dijangkau," ucapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023