Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, gencarkan program vaksinasi terhadap hewan secara serentak untuk mencegah terjadinya penyakit rabies.

Kepala DKPP Tanah Bumbu Hairuddin di Batulicin Ahad mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di sejumlah kecamatan di "Bumi Bersujud".

"Ini sebagai bentuk perlindungan kepada hewan peliharaan khususnya anjing dan kucing agar selalu aman dari rabies," katanya.

Ia mengatakan, sejauh ini di Kabupaten Tanah Bumbu tidak di temukan penyakit rabies pada hewan, namun semua harus tetap waspada karena gigitan hewan yang terjangkit rabies ini sangat berbahaya bagi manusia.

Total vaksinasi rabies yang dilaksanakan saat ini tersebar di empat kecamatan yakni Batulicin Puskeswan Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Puskeswan Sebamban Kecamatan Sungai Loban, dan Puskeswan Kecamatan Angsana.

Ada sebanyak 657 ekor terdiri dari hewan anjing 378 ekor, kucing 278 ekor dan monyet 1 ekor. Dan kegiatan ini sekaligus memperingati hari rabies sedunia yang di peringati setiap 28 September.

Tema hari rabies sedunia 2023 adalah "All for 1, One Health for All". Semua untuk satu dan satu kesehatan untuk semua.

"Melalui vaksinasi ini masyarakat jadi terlindung dari bahaya rabies yang bisa di tularkan melalui hewan pembawa penyakit rabies," terangnya.
 

Pewarta: Sujud/Diskominfo

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023