Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) guna semakin memudahkan pelayanan publik melalui aplikasi "Idaman Publik".
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Ahad, mengatakan program layanan publik berbasis elektronik itu sudah bisa diakses masyarakat dengan cara mengunduh aplikasinya.

Baca juga: Sekda Banjarbaru minta guru integritasikan ajaran agama dalam muatan lokal
 
"Aplikasi Idaman Publik sudah tersedia di Play Store dan dapat diunduh pengguna Android secara gratis sehingga bisa memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan," ujar Aditya.
 
Aditya menuturkan, program inovasi pelayanan publik yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru itu berkolaborasi dengan seluruh SKPD di lingkungan pemkot setempat.
 
Menurut wali kota, aplikasi "Idaman Publik" dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat maupun di lingkungan Pemkot Banjarbaru baik efisiensi penyediaan layanan publik, transparansi dan aksesabilitas.

Baca juga: Balai Veteriner Banjarbaru siap wujudkan target bebas rabies 2030
 
"Langkah ini juga sekaligus mendukung transformasi digital dan pemberdayaan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi untuk kepentingan pribadi maupun bersama," ucap Aditya.
 
Aditya mengakui, masih banyak fitur lain yang akan terus dikembangkan di aplikasi Idaman Publik sehingga diharapkan ke depannya aplikasi ini dapat mencangkup dan memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.
 
"Kami sudah menginstruksikan agar Dinas Kominfo mengembangkan aplikasi sehingga segala kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan publik di lingkup Pemkot Banjarbaru tersedia," ungkapnya.
 
Ditekankan Aditya, penerapan SPBE kunci mempercepat kinerja birokrasi yang dibutuhkan di era globalisasi sehingga pelayanan publik sesuai perkembangan jaman dan terwujud tata kelola pemerintahan yang baik.
 
Sementara itu, melihat fitur-fitur di aplikasi "Idaman Publik" tersedia kemudahan mengurus berbagai dokumen kependudukan, perizinan hingga pendaftaran untuk berobat di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru.
 
Tak hanya itu, tampilan aplikasi juga dilengkapi dengan fitur pemantauan kualitas udara, CCTV, informasi harga pangan terkini, layanan sosial dan layanan laporan dan pengaduan di Kota Idaman Banjarbaru.

Baca juga: UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan Dinkes Kalsel semarakan Hari Rabies Sedunia
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023