Sekretaris Dewan Provinsi Kalimantan Selatan (Sekwan Kalsel) Muhammad Jaini menguji komparasi program "Adi Karya Parlemen" atau pencitraan anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) melalui media massa/media sosial.

"Kita tertarik dengan Adi Karya Parlemen tersebut," ujar Jaini saat berkunjung ke Sekretariat DPRD (Setwan) Jabar di Bandung, Jumat.

Baca juga: Rombongan Setwan dan Press Room DPRD Kalsel terkesan objek wisata Jabar

Sekwan Kalsel akan mendalami secara khusus Adi Karya Parlemen DPRD Jabar seraya berharap DPRD Kalsel dapat menerapkan hal serupa.

Pertemuan atau kunjungan rombongan Setwan Kalsel yang menyertakan wartawan ke Setwan Jabar untuk studi komparasi/kaji tiru program kesekretariatan dan kehumasan.

"Pokoknya hal-hal yang positif dari program/kegiatan kesekretariatan dan kehumasan Setwan Jabar akan kami coba kaji tiru, bagaimana kemungkinan penerapan di DPRD Kalsel," ucap Jaini.

Sebelumnya Kabag Persidangan Setwan Jabar Iis menerangkan Adi Karya Parlemen sebagai salah satu program atau kegiatan sekretariat DPRD Jabar.

Ia menambahkan program Adi Karya Parlemen dari anggota DPRD Jabar mendapatkan alokasi anggaran Rp5 juta/orang.

Iis menegaskan anggota DPRD Jabar yang menentukan media untuk pencitraan atau penyebarluasan kegiatan anggota wakil rakyat dengan syarat media terakreditasi Dewan Pers.

Baca juga: Setwan Kalsel terus berupaya berikan pelayanan terbaik

"Dalam menentukan media yang akan bekerjasama dengan anggota Dewan tersebut, kami meminta bantuan/masukkan dari Ikatan Wartawan Parlemen (IWP) Jabar," ungkap Iis didampingi staf yang mengelola kehumasan Setwan DPRD Jabar Fauzi.

Pertemuan rombongan Sekretaris DPRD Kalsel dengan Setwan Jabar di Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jumat (6/10/2023). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Sementara Ketua IWP Jabar Rian menambahkan persyaratan media yang berhubungan dengan Setwan setempat sudah terakreditasi atau sedang dalam akreditasi secara administratif.

Selain itu, wartawannya sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), kata Rian didampingi sejumlah anggota IWP Jabar tersebut.

Baca juga: Bank Kalsel kembali bantu Setwan dan Press Room sapi korban

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023