Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Jurnalis Banua berunjuk rasa dalam aksi solidaritas atas kasus pemukulan seorang wartawan yang dilakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, dan mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kami berunjuk rasa sebagai bentuk aksi solidaritas terhadap teman satu profesi kami yang mendapat perlakuan tidak pantas dari oknum anggota DPRD Kotabaru berinisial AT," kata Koordinator Lapangan Aksi Solidaritas Jurnalis Banua Didi, di Banjarmasin, Kamis.

Dia mengatakan, unjuk rasa tersebut dilakukan di seputar bundaran Hotel A, setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih empat kilometer ke depan Mapolda Kalsel, sekitar pukul 09.00 WITA, Kamis pagi.

Dalam aksi tersebut pihaknya meminta agar polisi mengusut tuntas kasus tersebut, dan memeriksa oknum anggota dewan yang telah melakukan pemukulan terhadap seorang wartawan Radar Banjarmasin Zalyan Abdi Shadiqin.

"Jurnalis Banua bersama lembaga swadaya masyarakat akan terus mengawal kasus ini," ujarnya saat berunjuk rasa di depan Mapolda Kalsel itu pula.

Para jurnalis yang berunjuk rasa di Mapolda Kalsel itu diterima langsung oleh Direktur Kriminal Umum Polda Kalsel Kombes Mochamat Khozim.

Khozim menjelaskan bahwa kasus tersebut sudah diambil alih oleh Direktorat Kriminal Umum Polda Kalsel.

"Kasus pemukulan terhadap seorang wartawan Radar Banjarmasin itu sudah kami ambil alih dari Polres Kotabaru," ujarnya saat menerima lima perwakilan dari pengunjuk rasa tersebut.

Dia juga mengatakan, pelaku bakal dikenai delik penganiayaan ringan.

Namun, diakuinya pengusutan kasus ini tak mudah, mengingat pelaku juga sebagai anggota legislatif sehingga pengusutannya harus mendapat izin kepala daerah.

"Pelakunya ini anggota dewan, jadi kami harus mendapat izin dulu dari gubernur Kalsel," ujarnya lagi.

Unjuk rasa tersebut diikuti wartawan dari media cetak, elektronik dan online serta dari LSM di daerah ini.

Unjuk rasa insan pers dan LSM dalam aksi solidaritas Jurnalis Banua itu dikawal oleh pihak kepolisian setempat, nampak terlihat di lapangan Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Eko C Sik, Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Uskiansyah, Kasat Intel Kompol Zainuri dan Kasat Sabhara Kompol Syaiful Bob.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016